Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Grabfood Di Kecamatan Tulungagung
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian yaitu (1) Apakah harga mempengaruhi kepuasan pengguna Grabfood di Kecamatan Tulungagung, (2) Apakah kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pengguna jasa Grabfood di Kecamatan Tulungagung, (3) Apakah harga dan kualitas pelayanan secara simultan mempengaruhi kepuasan pengguna jasa Grabfood di Kecamatan Tulungagung.
Menggunakan pendekatan kuantitatif metode asosiatif dengan desain penelitian Explanatory Survey. Semua pengguna atau konsumen jasa Grabfood di Kecamatan Tulungagung sebagai populasi dengan sampel sebanyak 100 orang kemudian dianalisis dengan rumus Y = 2,663 + 0,471 X1 + 0,366 X2 + e.
Penelitian menunjukkan pada taraf signifikan 5% menunjukkan pengaruh pada kepuasan konsumen (Y) bahwa (1) Harga (X1) secara parsial menunjukkan bahwa t hitung sebesar 5,608 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Kualitas Pelayanan (X2) menunjukkan bahwa t hitung sebesar 4,144 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (3) Harga dan Kualitas Pelayanan secara bersamaan berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Konsumen Grabfood di Kecamatan Tulungagung.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna.
Abstraction
This study aims to determine: (1) Whether price can affect consumer satisfaction for Grabfood users in Tulungagung District. (2) Does the quality of service affect the satisfaction of Grabfood service users in Tulungagung District. (3) Does the price and quality of service together affect the satisfaction of Grabfood service users in Tulungagung District.
Using a quantitative approach with associative methods with an Explanatory Survey research design. All users or consumers of Grabfood services in Tulungagung District as population with the wasy100 people and then analyzed with the formula Y = 2.663 + 0.471 X1 + 0.366 X2 + ei.
The result of the study at a significant level of 5% showed that: (1) Price (X1) had a partial effect on Consumer Satisfaction (Y) indicating that t count was 5.608 > t table 1.98472 with a significant value of 0.000 <0.05. (2) Service Quality (X2) has a partial effect on Consumer Satisfaction (Y) indicating that t count is 4.144 > t table 1.98472 withha significant value of 0.000<0.05. (3) Price(X1) and Service Quality (X2) simultaneously have simultaneous effect on the Grabfood Consumer Satisfaction (Y) variable in Tulungagung District.
Keywords : Price, Service Quality, Consumer Satisfaction.