Harga, Iklan Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bengkel Las Kevin Putra Tulungagung

  • Marlena Marlena Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung
  • Ratna Tri Susanti Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung
Abstract views: 208 , PDF downloads: 160

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan melihat pengaruh harga, iklan dan citra merk terhadap keputusan pembelian sehingga dapat diperoleh informasi penilaian konsumen terhadap ketiga variabel tersebut agar bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk masa sekarang maupun masa depan.

Metode deskriptif kuantitatif pada analisis populasi/sampel, kemudian mengumpulkan data dengan teknik kuesioner, wawancara dan observasi dengan 50 orang konsumen sebagai responden. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa harga, iklan dan citra merk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dibuktikan dengan adanya pengaruh signifikan antara harga, iklan dan citra merk. Berdasarkan kriteria uji dominan diketahui bahwa variabel citra merk (X3) memiliki koefisien terbesar, yaitu 0,615. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa variabel citra merk (X3) berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian jika dibandingkan dengan variabel harga 0.309 (X1) dan variabel iklan 0.430 (X2).

Kata Kunci : Harga, Iklan, Citra Merk dan Keputusan Pembelian.

 Abstraction

 This study aims to examine the effect of price, advertising and brand image on purchasing decisions so that information on consumer assessments of these three variables can be obtained in order to determine the right marketing strategy for the present and the future.

Quantitative descriptive method on population/sample analysis, then collects data by using questionnaires, interviews and observations with 50 consumers as respondents. The results of multiple regression analysis show that price, advertising and brand image have an effect on purchasing decisions. It is proven by the significant influence between price, advertising and brand image. Based on the dominant test criteria, it is known that the brand image variable (X3) has the largest coefficient, which is 0.615. Thus, it can be stated that the brand image variable (X3) has a dominant effect on purchasing decision when compared to the price variable of 0.309 (X1) and the advertising variable of 0.430 (X2).

.Keywords: Price, Advertising, Brand Image and purchasing decisions.

Published
2021-07-30
How to Cite
Marlena Marlena, & Ratna Tri Susanti. (2021). Harga, Iklan Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bengkel Las Kevin Putra Tulungagung. BENEFIT , 8(2), 159-168. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/434
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)