ANALISIS PEMERIKSAAN MANAJEMEN FUNGSI KREDIT (ACCOUNT OFFICER) UNTUK MENGETAHUI TINGKAT EFEKTIFITAS KINERJA

  • Wenni Wahyuandari
Abstract views: 120 , PDF downloads: 128

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan Studi Kasus Pada PT.BPR Artha Samudera Indonesia Tulungagung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kinerja bagian kredit (account officer) serta kepuasan nasabah  terhadap pelayanan bagian kredit. Selanjutnya dilakukan prosedur pemeriksaan umum dan terperinci pada bagian kredit dengan peyebaran kueisioner kepada nasabah kredit. Teknik pengukuran hasil kuesioner menggunakan dengan skala linkert. Analisis kuisioner menggunakan Indeks kepuasan Nasabah dengan melihat rata-rata tertimbang serta dilakukan konversi nilai tiap-tiap unsur layanan yang tertera dalam kuisioner. Hasil perhitungan bahwa pimpinan perusahaan sangat mendukung kegiatan pemeriksaan fungsi kredit atau bagian kredit (AO) dengan harapan akan mengetahui sejauhmana persepsi nasabah terkait pelayanan bagian kredit kepada nasabah.  Rencana capaian kredit yang harus terserap ke masyarakat dalam satu tahun oleh fungsi kredit sudah tecapai 190%. Hasil penghitungan indek kepuasan nasabah setiap unsur layanan nilai rata-rata tertimbang (NRR) pada masing-masing unsur pelayanan berkisar antara 2,98 sampai dengan 3,16 yang berarti bahwa semua unsur pelayanan berada pada predikat kinerja yang baik. Nilai indek kepuasan nasabah (IKN) pada pelayanan kredit atau fungsi kredit adalah 77,067 nilai tersebut berada pada interval mutu.

 

Abstract

This study is a case study of PT BPR Artha Samudera Indonesia. The purpose of this study was to determine the extent to which the performance of the credit department (account officer) as well as customer satisfaction with the services the credit department. Subsequently conducted a general inspection procedures and detailed on the credit to disseminate the views quesitionnare to customers . The measurement technique using the questionnaire results with linkert scale. Analysis of the questionnaire using the Customer Satisfaction index with a weighted average look and do the conversion value of each element of the services listed in the questionnaire . The results of the calculations that business leaders strongly support the activities of credit checks or credit department functions (AO) in the hope of knowing the extent of the customer 's perception of service related to customer credit department. Credit performance plan that must be absorbed into the community in one year by the credit function has been tecapai 190 %. The results of the customer satisfaction index calculation every element of service value weighted average (NRR) on each element of the service ranged from 2.98 to 3.16, which means that all elements of the service are the predicate good performance. The value of customer satisfaction index (IKN) on credit or service credit function is 77.067 The value is in the interval quality.

References

Dajan, Anto. 2000. Pengantar Metode Statistik Jilid I. Jakarta: LP3ES.

Swastha, Basu Dh. dan Irawan. 2003. Menajemen Strategi Dan Kelayakan Perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Swastha, Basu Dh. dan Hani, T. Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Husnan S. dan Suwarsono. 2000. Studi Kelayakan Perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Gito S., Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Jogiyanto H..M. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis-Salah kaprah Dan Pengalaman Pengalaman, Yogyakarta: BPFE.

Kotler P. dan Armstrong Gary. 1995. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid I), Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nurhadi. 2010. Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen, Surabaya: Skripsi Tidak Dipublikasi-kan. Surabaya: Universitas Petra Surabaya.

Nadia Susi,. 2010 Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pemakaian Listrik Prabayar. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Madiun: Universitas Muhamadiyah Madiun.

Philip, Kotler. 2000. Manajemen, Pemasaran - Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Penerbit Erlangga.

How to Cite
Wahyuandari, W. (1). ANALISIS PEMERIKSAAN MANAJEMEN FUNGSI KREDIT (ACCOUNT OFFICER) UNTUK MENGETAHUI TINGKAT EFEKTIFITAS KINERJA. BENEFIT , 1(1). Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/69
Section
Articles