IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CITIZENS CARTER UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN YANG LEBIH RESPONSHIP ( Studi Kasus di RSUD Dr. Iskak Tulungagung )

  • Eko Santoso
Abstract views: 6 , PDF downloads: 2
Keywords: Citizen Carter, Indek Kepuasan Masyarakat, pelayanan.

Abstract

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan setelah munculnya program citizen carter di RSUD dr. Iskak kabupaten Tulungagung. Kinerja pelayanan yang telah diberikan oleh RSUD Dr. Iskak Kabupaten Tulungagung kepada masyarakat yang diukur melalui Indeks Kepuasan Pelanggan dengan kategori tingkat layanan adalah Baik. Ini berarti pelayanan yang telah diberikan selama ini telah memberikan kepuasan kepada pelanggan. Jadi kesimpulan ini sejalan dengan hipotesis yang penulis ajun.Unsure pelayanan yang paling memuaskan bagi para pelanggan adalah unsur keamanan pelayanan (U14). Dan unsur pelayanan inilah yuang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tingkat kepuasan layanan public pada RSUD Dr Iskak Kabupaten Tulungagung.Unsur pelayanan yang menduduki nilai terbawah yang berarti nilainya paling rendah menurut presepsi dari para pengguna layanan adalah unsure ketepatan pelaksanaan terhadap jadwal waktu pelanksanaan (U12)Berdasarkan variabel tangible (bukti langsung), maka: (a) Prosedur pelayanan memiliki nilai 3,06; (b) Persyaratan pelayanan memiliki nilai 3,01; dan (c) Kejelasan petugas pelayanan memiliki nilai 3,03.Berdasarkan variabel  reliability (kendala), maka: (a) Kecepatan pelayanan memiliki nilai 3,01; (b) Keadilan mendapatkan pelayanan memiliki nilai 2,98.Berdasarkan variabel responsiveness (daya tanggap), maka: (a) Kedisiplinan petugas pelayanan memiliki nilai 3,00; (b) Tanggung jawab petugas pelayanan memiliki nilai 3,00; dan (c) Kemampuan petugas pelayanan memiliki nilai 3,00.Berdasarkan variabel assurance (jaminan), maka: (a) Kesopanan dan keramahan petugas memiliki nilai 3,04: (b) Kenyamanan lingkungan memiliki nilai 3,06; dan (c) Keamanan pelayanan memiliki nilai 3,09.Berdasarkan variabel Emphaty (empati), makaL (a) Kewajaran biaya pelayanan memiliki nilai 3,01; (b) Kepastian biaya pelayanan memiliki nilai 3,01; dan (c) Kepastian jadwal pelayanan memiliki nilai 2,94.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul. Wahab Solichin, 2004, Analisis Kebijaksanaan Dari Formulasi Ke implementasi Kebijaksanaan Negara, Edisi Kedua, Bumi Aksara, Jakarta,

AG. Subarsono, 2005, Analisis Kebijaksanaan Publik, Edisi Pertama, Pustaka pelajar, Yogyakarta.

Agus Dwiyanto, dkk, 2002, Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, PSKK UGM, Yogyakarta

Ambar Teguh Sulistyani, 2004, Memahami Good Governance Dalam Prespektif Sumber Daya Manusia, Gava Media, Yogyakarta.

Budi Winarno, 2002, Teori dan Proses Kebijakan Publik, Media Pressindo, Yogyakarta

Ernawati, 2011 Skripsi : Implementasi Kebijakan Ciziten Carter Guna Memberikan Kebijakan Yang Lebih Responsiv, Fak.Sospol Universitas Tulungagung

H.B. Sutopo, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Pertama, Sebelas Maret University Press, Surakarta.

Irfan Islami, 2004, Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Intan Fitria Dewi, 2010 Skripsi : Analisis Indek Kepuasan Masyarakat di RSUD Dr Iskak Kab. Tulungagung, FE. Universitas Tulungagung.

Joko Purwono, 1989, Analisis Kebijakan Publik : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Lexy J, Moleong, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moh. Nazir,1988, Metode Penelitian, Cetakan Ketiga, Ghalia Indonesia, Jakarta

Mas Roro Lilik Ekowati, 2005, Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan atau Program, Pustaka Citra, Surakarta.

Purwodarminto, 1976, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta

Riant Nugroho, 2004, Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi, Edisi Kedua, Gramedia, Jakarta.

Robert Seidman, 1972, Law and Development, A General Model, Law and Society Review, Madison, University of Wisconsin, USA, dalam Esmi Warassih, 2005.

Samodra Wibawa dkk, 1994, Evaluasi Kebijakan Publik, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sumadi Suryabrata, 2004, Penelitan Kualitatif, Edisi Keempat, Bumi Aksara, Jakarta.

Solichin Abdul Wahab, 1997, Public Policy : Pengertian Pokok Untuk Memahami dan Analisis Kebijakan Pemerintah, Airlangga University Press, Surabaya.

William Dunn, 1998, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Gajahmada University Press, Yogyakarta

Yeremias T Keban, 2004 Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu, Gava Media, Yogyakarta

How to Cite
Santoso, E. (1). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CITIZENS CARTER UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN YANG LEBIH RESPONSHIP ( Studi Kasus di RSUD Dr. Iskak Tulungagung ). Jurnal BONOROWO, 2(2), 65-85. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v2i2.61
Section
Articles