PEMANFAATAN LAHAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM HIDROPONIK

  • Ida Syamsu Roidah
Abstract views: 3241 , PDF downloads: 6048

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang pertanian semakin tahun semakin pesat, sehingga    masyarakat khususnya petani tertinggal dalam memanfaatkan kemajuan teknologi tidak akan memperoleh keuntungan yang maksimal dari kegiatan usaha yang dilakukannya. Salah satu teknologi yang layak disebarluaskan adalah teknologi hidroponik, hal ini  dikarenakan       semakin langkanya lahan pertanian akibat dari banyaknya sektor industri dan jasa, sehingga kegiatan usaha pertanian konvensial semakin tidak kompetitif karena tingginya harga lahan. Teknologi budidaya pertanian dengan sistem hidroponik diharapkan menjadi salah satu      alternatif bagi masyarakat yang mempunyai lahan terbatas atau  pekarangan, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan yang memadai.

Hidroponik merupakan metode bercocok tanam dengan menggunakan media tanam selain tanah, seperti batu apung, kerikil, pasir, sabut kelapa, potongan kayu atau busa. Hal tersebut dilakukan karena fungsi tanah sebagai pendukung akar tanaman dan perantara larutan  nutrisi dapat digantikan dengan mengalirkan atau menambah nutrisi, air dan oksigen melalui media tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harian Medan Bisnis, 2012. Hidroponik Dengan Sistem Pertanian ramah Ling-kungan

Istiqomah, S. 2006. Menanam Hidroponik. Azka Press: Jakarta

Krismawati, A. 2012. Teknologi Hidroponik Dalam Pemanfaatan Lahan Pekaran-gan. BPTP: Malang.

Lingga, P. 2004. Bercocok Tanam Tanpa Ta-nah. Penebar Swadaya: Jakarta

Musyarofah. 2010. Pembudidayaan Tana-man Secara Hidroponik Guna Peman-faatan Lahan Sempit.

Published
2015-06-25
How to Cite
Roidah, I. S. (2015). PEMANFAATAN LAHAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM HIDROPONIK. Jurnal BONOROWO, 1(2), 43-49. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v1i2.14
Section
Articles