Main Article Content

Abstract

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) sebagai unit kesehatan tingkat pertama sebagai ujung tombak dalam pemberian pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat.Tingkat pemanfaatan terhadap pelayanandi Puskesmas sangat terkait dengan kompetensi sumber daya manusia dalam memberikanusaha melayani kebutuhan kesehatan bagi masyarakat. Puskesmas Sidotopo merupakan Puskesmas di Surabaya yang mengalami penurunan IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) tertinggi.


Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan observasi. Temuan dianalisis melalui pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


            Hasil di lapanganbahwa kompetensi tenaga kesehatan di Puskesmas Sidotopo baik, namun masih perlu pengembangan sumber daya manusia khususnya pada pengembangan kemampuan pengetahuan.


 


Kata Kunci : Kompetensi, Tenaga kesehatan, Pelayanan kesehatan

Article Details

How to Cite
Lunariana Lubis, Wildan T. Raharja, & Agus Wahyudi. (2021). ANALISA KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS SIDOTOPO KOTA SURABAYA. Publiciana, 12(1), 93-101. https://doi.org/10.36563/publiciana.v12i1.198