Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pendekatan Kelurahan Darmo kepada Masyarakat. sehingga masyarakat dapat mengurus adminduk cukup hanya datang di balai RW masing - masing . Pengabdian  ini menggunakan metode Persiapan, Pelaksanaan, tanya jawab dan ceramah. Hasil kegiatan yang di lakukan yaitu Masyarakat dapat mengurus Dokumen Kependudukan tanpa perlu datang ke kantor Kelurahan dan Dokumen yang telah jadi bisa diambil kembali di balai RW . Kegiatan ini bertujuan mendekatkan Pelayanan Adminduk kepada masyarakat. Salah satunya, membantu warga agar tidak mengeluarkan biaya transportasi. Masyarakat bisa lebih mudah dalam memanfaatkan berbagai layanan publik sehingga apapun permasalahan bisa langsung tersampaikan.


kata kunci : Pelayanan Balai RW, Administrasi Kependudukan, Kelurahan Darmo


 


ABSTRACT


This study aims to determine the form of the Darmo Village approach to the Community. so that the community can take care of the administration by simply coming to their respective RW halls. This study uses the method of preparation, implementation, question and answer and lecture. The results of the activities carried out are that the community can take care of population documents without the need to come to the Kelurahan office and the finished documents can be taken back at the RW hall. This service aims to bring Adminduk Services closer to the community. One of them, helping residents not to incur transportation costs. Communities can more easily take advantage of various public services so that any problems can be conveyed immediately.


keywords: RW Office Services, Population Administration, Darmo Village


 

Keywords

Pelayanan Balai RW Administrasi Kependudukan Kelurahan Darmo

Article Details

How to Cite
dian, selena. (2023). Pelayanan Sayang Warga di Balai RW Sebagai Bentuk Pendekatan Kelurahan Darmo Kepada Masyarakat: Community Care Service at RW Hall as a Form of Darmo Kelurahan Approach to the Community. Publiciana, 16(01), 33-39. https://doi.org/10.36563/publiciana.v16i01.679

References

  1. Muslimin B Putra .2020. Mengenal Pelayanan Publik, https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--mengenal-pelayanan-publik . di akses pada 1 November 2022 pukul 23.29
  2. ADMIN BAPASKLATEN. 2020. ” PRINSIP PELAYANAN PUBLIK YANG HARUS DIKETAHUI ” , http://bapasklaten.kemenkumham.go.id/berita-utama/prinsip-pelayanan-publik-yang-harus-diketahui , di akses pada 1 November 2022 pukul 23.40
  3. Ahmad Kevin Maulana, E. L. (n.d.). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN KLARI KABUPATEN KARAWANG. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
  4. Hidayat, E. S., & Si, M. (n.d.). ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GARUT. 8–16.
  5. Mahsyar, A. P. P. di I. D. P. A. P. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.22
  6. Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67
  7. Rudi Rinaldi. (2012). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. 1(1), 1–94.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'