Marketing Language Literacy Through Strengthening Blue Economy Based Tourism Villages in Kalanganyar
Literasi bahasa pemasaran
DOI:
https://doi.org/10.36563/publiciana.v17i01.941Keywords:
literasi bahasa pemasaran, desa wisata, blue economy.Abstract
Masyarakat pesisir di kabupate Kalanganyar perlu diberikan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman terhadap literasi bahasa pemasaran produk, karena pelaku usaha ini diharapkan dapat menerapkan proses penjualan secara langsung maupun online dengan teknik yang benar sesuai dengan perkembangan terkini. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil temuan diketahui bahwa Masyarakat belum memahami konsep Blue Economy dalam mewujudkan potensi sumber daya alam di Kalanganyar yang bersih dan indah untuk menarik minta pembeli maupun turis dari mancanegara. Adapun pelaku usaha memiliki kekurangan dalam ketrampilan berkomunikasi untuk memasarkan produk sehingga membutuhkan pemahaman literasi pemasaran, dan kurangnya keahlian dalam memasarkan produk secara online. Selain itu, perwujudan lokasi wisata di desa Kalanganyar masih membutuhkan kesadaran Masyarakat untuk memelihara kebersihan lingkungan tambak, mangrove, dan perairan sekitarnya. Rekomendasi diperlukan adanya Kerjasama antara stakeholders pihak swasta dan pemerintah untuk mendukung terwujudnya desa wisata Kalanganyar yang berpotensi menjadi tujuan wisata Internasinal dari sumber alam perikanan, produk olahan, serta tempat wisata air lainnya.
Downloads
References
Chan, C. S. C. (2021). Helping university students discover their workplace communication needs: An eclectic and interdisciplinary approach to facilitating on-the-job learning of workplace communication. English for Specific Purposes, 64, 55–71. https://doi.org/10.1016/j.esp.2021.07.002
Chen, S. F. (2017). Modeling the influences of upper-elementary school students’ digital reading literacy, socioeconomic factors, and self-regulated learning strategies. Research in Science and Technological Education, 35(3), 330–348. https://doi.org/10.1080/02635143.2017.1314958
Clarence, S., & McKenna, S. (2017). Developing academic literacies through understanding the nature of disciplinary knowledge. London Review of Education, 15(1), 38–49. https://doi.org/10.18546/LRE.15.1.04
Dodds, R., & Jolliffe, L. (2016). Experiential Tourism: Creating and Marketing Tourism Attraction Experiences. The Handbook of Managing and Marketing Tourism Experiences, 113–129. https://doi.org/10.1108/978-1-78635-290-320161005
Fitria, T. N. (2019). Business English As A Part Of Teaching English For Specific Purposes (ESP) To Economic Students. Jurnal Education and Economics, 02(02), 143–152. http://jurnal.azharululum.sch.id/index.php/jee/article/view/51
Hanum, A. E. (2021). Melalui Program Membaca Menyenangkan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9.
Herawati, L. (2020). Budaya Literasi Bahasa Membangun Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 795–799. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/391
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal SNEMA-2015 Padang-Indonesia, c, 346. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26. Rose Rahmidani (hal 344-352)_0.pdf
Rozaan, A., Kholid, M., & Prasetya, A. (2018). Analisis Pengembangan Produk Wisata Heritage Trail Untuk Meningkatkan Citra Destinasi (Studi Pada Surabaya Heritage Track Di Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(4), 81–90.
Sari, I., & Yunus, R. N. (2021). Peningkatan Literasi Bahasa Pada Merek Produk di Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. ABDIMAS MANDIRI-Jurnal …, 1(2), 24–29. https://ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/view/65%0Ahttps://ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/download/65/65
Setiawan, S. (2023). Project-Based Learning in Teaching English for Business in a Blue Economy Perspective. International Social Sciences and …, 2(1), 204–210. http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/issh/article/view/129%0Ahttp://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/issh/article/download/129/181
Utomo, M. N., Ekonomi, F., & Tarakan, U. B. (2019). (Bisnis dan Manajemen). 11(April), 155–168.
Weninger, C., & Kan, K. H. Y. (2013). (Critical) Language awareness in business communication. English for Specific Purposes, 32(2), 59–71. https://doi.org/10.1016/j.esp.2012.09.002
Widarno, B. (2021). The Effect of Business Literation on SMEs Performance with Mediation of Risk Management and Entrepreneurial Self Efficacy. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2021.3.1.7745
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0