ANALISIS KINERJA BLIMBING BANGKOK MERAH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG


Abstract
Belimbing bangkok merah merupakan salah satu buah yang sudah sangat terkenal dan dikembangkan di Tulungagung dan produksinya sudah menyebar luas di luar Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian tingkat kepentingan dan kinerja atribut belimbing bangkok merah serta menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pembelian belimbing bangkok merah. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah insidental sampling (Teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan). Sampel yang terpilih berjumlah 50 sampel. Metode pengambilan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari survei pendahuluan dan pengisian kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis tingkat kepentingan dan Kinerja atribut serta Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis tingkat kepentingan dan kinerja atribut, didapatkan bahwa konsumen yang membeli belimbing bangkok merah di Tulungagung rata – rata perempuan karena memang yang lebih teliti dalam memilih dan membeli belimbing bangkok merah yang kualitasnya baik. Konsumen yang melek pendidikan juga lebih memilih membeli belimbing bangkok merah karena kandungan nutrisinya yang bagus untuk kesehatan, menurunkan hipertensi sehingga dalam waktu seminggu konsumen bisa mengonsumsi belimbing 1 – 3 kg bahkan bisa >3 kg. Selain karakteristik itu, belimbing bangkok merah dikonsumsi karena memang memiliki rasa manis dan segar menjadi favorite masyarakat Tulungagung juga karena ketersediaannya yang luas di pasaran. Pada penelitian ini konsumen memberikan nilai tingkat kepentingan yang tinggi dan nilai tingkat kinerja yang tinggi juga pada rasa belimbing bangkok merah, kualitas belimbing bangkok merah, tekstur belimbing bangkok merah, tingkat kematangan belimbing bangkok merah, tingkat kesegaran belimbing bangkok merah, kandungan nutrisi belimbing bangkok merah, kejujuran pedagang, dan transaksi menggunakan cash / tunai. Hal itu dikarenakan ekspetasi atau harapan konsumen terhadap atribut belimbing bangkok sesuai dengan realita atau kinerja atribut belimbing bangkok merah tersebut. Penilaian tersebut penting bagi pelaku usaha belimbing bangkok merah baik petani maupun pedagang untuk tetap mempertahankan kinerja belimbing bangkok merah. Dari hasil Customer Satisfaction Index (CSI) belimbing bangkok merah sebesar 75 persen menunjukkan bahwa responden belimbing bangkok puas terhadap produk tersebut. Konsumen puas karena kualitas buah belimbing bangkok merah yang baik, rasa yang manis dan tekstur buah yang renyah. Serta pelayanan yang diberikan penjualnya yang ramah dan baik, kejujuran pedagang yang juga membuat konsumen puas.
Downloads
References
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.
Pertiwi, M. (2014). Analisis kepuasan konsumen terhadap pembelian belimbing dewa di kota depok.
Nasution. (2017). Landasan Teori Kepuasan Konsumen. 1995, 13–30.
Theresia Widyaratna, Danny Danny, & Filicia Chandra. (2001). Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Tingkat Penjualan Di Warung Bu Kris (Studi Kasus Pada Ayam Penyet Sebagai Menu Unggulan Warung Bu Kris). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), pp.85-95.
Khairul Umam, R., & Putu Hariastuti, N. (2018). Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA). Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 0(0), 339–344.
Dena Safitri, S. A. (2023). Analisis Kepuasan Konsumen Jeruk Siam Gunuang Omeh. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), Vol. 7.
Ii, B. A. B., Konsumen, A. K., & Konsumen, D. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan…, Bagus Panuntun, Fakultas Psikologi UMP, 2019. 2006.
Widiyanto, N. A., Adhi, A. K., & Daryanto, H. K. (2017). Konsumen Dalam Membeli Buah Apel Di Kota Surabaya Dan Kota Malang , Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 136–146.
Https://Tulungagungkab.Bps.Go.Id/Statictable/2021/12/14/5295/Produksi-Buah-Buahan-Menurut-Kecamatan-Dan-Jenis-Tanaman-Di-Kabupaten-Tulungagung-Kw-2019-Dan-2020.Html diakses pada tanggal 17 Maret 2024
