Main Article Content

Abstract

Dalam proses produksi suatu industri tentunya harus ada tempat atau lahan yang layak. Semakin luas lahannya, maka semakin besar pula industrinya. Lahan yang dimaksudkan bukan sekedar tempat dilakukannya produksi tetapi juga merupakan tanah sabagai bahan mentah yang digunakan untuk memproduksi bata merah. Hal ini menjadi permasalahan yang dihadapi pengrajin bata merah selain modal dan tenaga kerja. Penelitian ini dilakukan pada usaha industri bata merah di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menganalisa besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat melalui model ekonometrika sedangkan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah modal mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap produksi bata merah di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Sedangkan tenaga kerja (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap produksi bata merah di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Dan juga dapat disimpulkan bahwa variabel luas lahan (X3) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap produksi bata merah di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Keywords

modal tenaga kerja luas lahan hasil produksi batu bara

Article Details

How to Cite
Subagyo, B., Sartono, S., & Moh. Rizal Rifai. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI BATA MERAH DI KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. BEMJ : Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(2), 103-116. https://doi.org/10.36563/bemj.v1i2.712

References

  1. Ahmadi, Nur Ahmadi. 2016. "Metodologi Penelitian Ekonomi." Medan: Press
  2. FEBI
  3. Ghazali, Imam. 2005. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS
  4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Edisi Kedua.
  5. Kuncoro, Mudrajad. 2007. Ekonomika Industri Indonesia. Yogyakarta: Andy.
  6. Mulyadi. 2005. Definisi Bahan Baku. http://definisibahan-baku.pdf .
  7. Nanga, Muana. 2005. Makro Ekonomi “Teori Masalah dan Kebijakan”. Jakarta:
  8. PT Raja Grafindo Persada.
  9. Noor, Faisal Henry. 2007. Ekonomi Manajerial, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  10. Noraga, Panji. 2007. Pengantar Bisnis Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi,
  11. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Susanto, D. 2000. Sistem Informasi Managemen, Bandung: Lingga Jaya.
  13. Susantini, Dyah. 2001 dalam skripsi dengan judul “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktifitas Kerja Karyawan” (Studi kasus pada PT. PG. Rejo Agung Baru Madiun).
  14. Wahyuni, Sri. 2002. Peranan Koodinasi Terhadap Produktifitas Kerja Pegawai Provinsi Kalimantan Timur. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda.