Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan percetakan CV. Kartini Blitar, (2) pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan percetakan CV. Kartini Blitar, (3) pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan percetakan CV. Kartini Blitar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. (2) Nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. (3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.

Keywords

loyalitas nilai pelanggan kepuasan pelanggan

Article Details

How to Cite
Erma Restu Ningsih, & Tanto Askriyandoko Putro. (2023). ANALISIS LOYALITAS ATAS NILAI PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN PADA PERCETAKAN CV. KARTINI DI BLITAR. BEMJ : Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(2), 79-86. https://doi.org/10.36563/bemj.v1i2.713

References

  1. Arfifahani, David. 2018. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Concordia Executive Lounge Terminal A Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.Jurnal EkobisDewantara1(3). Dari
  2. https://media.neliti.com/media/publications/299957-pengaruh-nilai-pelanggan-terhadap-loyali-3cfc6fcd.pdf
  3. Arifin, Moch. Romzi, et. al. 2009. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Bukalapak(Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen FEB Unisma Angkatan 2015). e-Riset Manajemen. Dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/viewFile/2348/2205
  4. Basu, Swastha & Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
  5. Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
  6. Kotler and Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
  7. Mardikawati, Woro & Naili Farida. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan, melalui kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap), Jurnal Administrasi Bisnis, (1).Dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/5355
  8. Sebayang, Stefani Korentia& Syafrizal Helmi. S. 2019. Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Online di Kota Medan.Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(2).Dari http://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/view/86/65
  9. Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Edisi 2. Andy Offset. Yogyakarta.
  10. Tjiptono.Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia. Malang.
  11. Wijanarko, Koko Sigit. 2014. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Serta DampaknyaTerhadap Loyalitas Menggunakan Smartphone Samsung Galaxy Series Di Kota Palu, e-Jurnal Katalogis, 2(7). Dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6904