Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan percetakan CV. Kartini Blitar, (2) pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan percetakan CV. Kartini Blitar, (3) pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan percetakan CV. Kartini Blitar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. (2) Nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. (3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Arfifahani, David. 2018. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Concordia Executive Lounge Terminal A Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.Jurnal EkobisDewantara1(3). Dari
- https://media.neliti.com/media/publications/299957-pengaruh-nilai-pelanggan-terhadap-loyali-3cfc6fcd.pdf
- Arifin, Moch. Romzi, et. al. 2009. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Bukalapak(Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen FEB Unisma Angkatan 2015). e-Riset Manajemen. Dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/viewFile/2348/2205
- Basu, Swastha & Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
- Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
- Kotler and Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
- Mardikawati, Woro & Naili Farida. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan, melalui kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap), Jurnal Administrasi Bisnis, (1).Dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/5355
- Sebayang, Stefani Korentia& Syafrizal Helmi. S. 2019. Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Online di Kota Medan.Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(2).Dari http://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/view/86/65
- Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Edisi 2. Andy Offset. Yogyakarta.
- Tjiptono.Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia. Malang.
- Wijanarko, Koko Sigit. 2014. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Serta DampaknyaTerhadap Loyalitas Menggunakan Smartphone Samsung Galaxy Series Di Kota Palu, e-Jurnal Katalogis, 2(7). Dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6904