Analisis Pengaruh Brand Image dan Daya Saing Produk Layanan Terhadap Minat Berobat Pada Klinik Putra Waspada Tulungagung

  • Tiwuk Puji Hariyanti Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung
  • Desi Kristiani Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung
Abstract views: 34 , PDF downloads: 31

Abstract

ABSTRAK

Dalam rangka memenangkan persaingan yang semakin kompetitif saat ini, entitas usaha harus dapat memulai pengembangan strategi terhadap item barang pada jajaran hasil produksinya melalui pembuatan beberapa keputusan terkait brand image dan daya saing produk layanan, dengan maksud menarik minat para kastemer untuk memilih produk layanan dari klinik berobat tersebut.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguji dan membuat analisis besarnya pengaruh brand image serta daya saing produk layanan baik secara parsial ataupun simultan terhadap minat berobat. Pada penelitian ini, objek yang diteliti yaitu seluruh perilaku kastemer/pasien/keluarga pasien yang melakukan keputusan berobat, dengan memperhatikan variabel brand image dan daya saing produk layanan. Lokasi penelitian adalah Klinik Berobat Putra Waspada Tulungagung. Metode yang digunakan selama proses penelitian ini ialah metode deskriptif-kuantitatif yang memanfaatkan uji inferensi yakni menguji keterkaitan antara brand image dan daya saing produk layanan dengan minat berobat. Jenis data yang dikumpulkan adalah berupa data primer beserta data sekunder dengan menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil Uji F bahwa variabel bebas: brand image dan daya saing produk layanan memengaruhi minat berobat pada Klinik Putra Waspada Tulungagung secara simultan (serentak) dan signifikan; Hasil Uji t atau pengujian secara parsial menghasilkan data bahwa masing-masing variabel bebas brand image dan daya saing produk layanan memengaruhi minat berobat pada Klinik Putra Waspada Tulungagung secara signifikan.

Brand image muncul sebagai variabel bebas dengan dominasi pengaruh tertinggi terhadap minat berobat pada Klinik Putra Waspada Tulungagung dengan nilai koefisien regresi sebesar 22,09. Berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R square adalah 0,5067 berada antara 0 < R2 < 1 yang berarti variabel bebas brand image dan daya saing produk layanan memberikan sumbangan (share) sebesar 50,67 persen terhadap minat berobat pada Klinik Putra Waspada Tulungagung.

Kata kunci: pengaruh, brand image, daya saing produk layanan, minat berobat.

 

Abstract

In order to win today's increasingly competitive competition, business entities must be able to develop strategies regarding items in their product lines by making a number of decisions regarding the brand image and competitiveness of service products, so that consumers/customers/patients have an interest/interest in using the product. or buy service products from the medical clinic.

This study aims to examine and analyze the influence of brand image and service product competitiveness partially or simultaneously on interest in treatment. The object of this research is the behavior of the customer/ patient/patient family who makes the decision to seek treatment, taking into account the variable brand image and the competitiveness of service products. The location of the research is the Men's Medical Clinic Waspada Tulungagung. The research method in this research is descriptive-quantitative research method using inference test, which is to examine the effect of brand image and service product competitiveness on interest in treatment. The types of data collected are in the form of primary data and secondary data. The analytical tool used is Multiple Linear Regression.

The results of the F test show that the independent variables: brand image and service product competitiveness have a simultaneous and significant effect on interest in treatment at the Putra Waspada Clinic Tulungagung; The results of the t test or partial test can be seen that each independent variable brand image and service product competitiveness have a significant effect on interest in treatment at the Putra Waspada Tulungagung Clinic.

The independent variable that most dominantly affects the interest in treatment at the Putra Waspada Tulungagung Clinic is brand image with a regression coefficient value of 22.09. Based on the results of the coefficient of determination, the value of R square is 0.5067, which is between 0 < R2 < 1, which means that the independent variables of brand image and service product competitiveness contribute 50.67 percent to interest in treatment at the Putra Waspada Tulungagung Clinic.

 Keywords: influence, brand image, service product competitiveness, interest in treatment.

Published
2021-01-31
How to Cite
Puji Hariyanti, T., & Kristiani, D. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image dan Daya Saing Produk Layanan Terhadap Minat Berobat Pada Klinik Putra Waspada Tulungagung. BENEFIT , 8(1), 52-73. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/384
Section
Articles