PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN DEPARTEMEN PENJUALAN CV LOGAM INDONESIA DI TULUNGAGUNG

  • Nurani Nurani
Abstract views: 49 , PDF downloads: 346
Keywords: Insentif, Kinerja Karyawan

Abstract

Pemberian insentif merupakan salah satu hal pokok yang harus diperhatikan oleh perusahaan.Semangat tidaknya karyawan bisa juga disebabkan oleh besar kecilnya insentif yang diterima.Apabila karyawan tidak mendapatkan insentif yang sesuai dengan besarnya pengorbanan dalam bekerja, maka karyawan tersebut cenderung malas bekerja dan tidak bersemangat yang ada akhirnya mereka bekerja semaunya tanpa ada motivasi yang tinggi.Pengukuran kinerja karyawan dilihat dari kualitas kerja, kuantitas kerja, dan pemanfaatan waktu kerja.Dengan demikian harapan dari CVLogam Indonesia di Tulungagung,dengan memberikan bonus, komisi maupun pemberian reward diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerja karyawan, kuantitas kerja karyawan dan karyawan lebih memanfaatkan waktu kerja dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Dalam penelitian ini terdapat 2 (dua) jenis variabel,yaitu:variabel dependen dan variabel independen.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja (Y) yaitu hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawabnya.Variabel dalam penelitian ini adalah insentif (X1) adalah adalah  dorongan pada seseorang agar mau bekerja dengan baik dan agar lebih dapat mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi sehingga dapat menambah kemauan kerja dan motivasi seorang pegawai agar terciptanya suatu kinerja yang berkualitas sesuai dengan tujuan perusahaan.Variabel insentif dengan item bonus, komisi, dan pembagian laba berpengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap kinerja karyawan di departemen penjualan CV Logam Indonesia di Tulungagung. Berdasarkan uji probabilitas t-statistik, dengan t-hitung (10.386) dan sig. sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 yang berarti variabel insentif berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan di departemen penjualan CVLogam Indonesia di Tulungagung pada taraf nyata 5%. Besarnya kontribusi variabel insentif terhadapat kinerja karyawan sebesar 61,70% sedangkan sisanya 38,30% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Provision of incentives is one of the main things that must be considered by the company.Employment of employees can also be caused by the size of the incentives received.If employees do not get an incentive in accordance with the amount of sacrifice in work, then the employees tend to be lazy to work and not excited that there Eventually they work at will without any high motivation.Measuring employee performance is seen from the quality of work, the quantity of work, and the utilization of work time. Thus the hope of CV.Logam Indonesia in Tulungagung, by giving bonus, commission and reward is expected to improve the quality of employee work, the quantity of employee and employee work more time Work with the best, so that the company's goals can be achieved. In this research there are 2 (two) types of variables, namely: dependent variable and independent variable. Dependent variable in this research is performance (Y) is the work quality and quantity achieved by an employee in performing their duties in accordance with responsibilities. This research is incentive (X1) is is impetus to someone to work well and to be able to reach higher level of performance so that can increase worker's willingness and motivation in order to create a quality performance according to company purpose.Variable incentives with bonus items, commissions, and profit sharing have a significant and positive effect partially on employee performance in CV sales department. Metal Indonesia in Tulungagung.Based on the t-statistical probability test, with tcount (10,386) and sig. 0.000 is smaller than 0.05 which means incentive variable has a significant and positive effect on employee performance in sales department CV. Metal Indonesia in Tulungagung at 5% real level.The amount of influence of incentive variable to employee performance is 61,70% while the rest 38,30% influenced by other variables like leadership, discipline, motivation and justice in this company.

References

A. H. Puspowarsito,.2008. MetodePenelitianOrganisasiDengan `Aplikasi Program SPSS, Bandung, Humaniora.

Dessler, Garry, 2007.Manajemen Sumber Daya Manusia, buku 1 & 2, Jakarta : Penerbit Indeks.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Undip.

Handoko,T.Hani,2001,ManajemenPersonalia Dan Sumber Daya Manusia (Edisi 2), Yogyakarta: BadanPenerbitFakultasEkonomi.

Hasibuan. Melayu S.P 2001. ManajemenSumber Daya Manusia, Jakarta : PT. BumiAksara.

Haminati, Sarikha, Aan permana, 2012.“Pengaruh PemberianInsentifTerhadapKinerjaPustakawan Di PerpustakaanDaerahProvinsiJawaTengah.” DiaksesSeptember 2012.

Mangkunegara, Prabu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mondy,R. Wayne, 2008, ManajemenSumber Daya Manusia, Buku 1 & 2,Jakarta: PenerbitErlangga.

Primbada, Bangkit , 2012. PengaruhPemberianInsentifTerhadapKinerjaKaryawan (StudiPada AJB BUMI PETERA 1921 Kantor Cabangkayutangan, malang)’. SkripsiDiaksesSeptember 2012

Robert L, Malthis&Jhon H. Lackson 2002. ManajemenSumber Daya Manusia, (Bisnis, Manajemen, keuangan, dan SDM).Edisi 9. Jakarta :SalembaSiagian, Sondang P. 2002. KiatMeningkatkanPrestasiKerja. Jakarta : RinekaCipta.

Sugiono,. 1999.Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Suryani, Devi , 2012.“ Hubungan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Agen Penjualan Polis Asuransi Pada PT. Asuransi Bintang Tbk Cabang Pekan Baru)”.SkripsiDiakses September 2012.

Wahyudi, Mulyono. 2002.Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Sulita.

How to Cite
Nurani, N. (1). PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN DEPARTEMEN PENJUALAN CV LOGAM INDONESIA DI TULUNGAGUNG. Jurnal BENEFIT, 2(1), 1-7. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/81
Section
Articles