Main Article Content

Abstract

Abstract


Time and cost are very influential on success and failure a project. The benchmark for project success is usually seen from the time taken optimally with optimum cost without leaving the quality of the work. Therefore efforts to optimize time and costs are very important in planning a project. One way that can be used to optimize time and cost by calculating the total cost direct declining projects with long durations and insignificant costs direct cost increases with a long duration of direct costs and indirectly get the optimum total cost and optimal time. The Project for Construction of Classroom Building for Juior High School one Besuki will carried out on the land. Structural work on projects started in June 1 2021 is targeted for completion in 6 months, namely in November 2021. This period of time is long enough so that it is possible to accelerated. The method used to accelerate is the Time Cost Trade Off analysis. Acceleration in this study was carried out by additional working hours. By performing critical path compression steps from the Bar Chart in the Ms Project application then the reduction in duration is the optimum can be found. From the results of the calculation analysis study, it can be seen the optimal duration of the project of 122 days with a total cost of Rp. 849.550.435,-because there are delay in implementation for 6 days and when the acceleration of indirect costs a little value can not affect the direct cost.


 


Keywords: Acceleration, Optimazation Cost, Duration, Optimazation, Time Cost Trade Off


 


Abstrak


 


Waktu dan biaya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan kegagalan suatu proyek. Tolok ukur keberhasilan proyek biasanya dilihat dari waktu yang diambil secara optimal dengan biaya yang optimal tanpa meninggalkan kualitas pekerjaan. Oleh karena itu upaya untuk mengoptimalkan waktu dan biaya sangat penting dalam perencanaan suatu proyek. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan waktu dan biaya adalah dengan menghitung total biaya proyek penurunan langsung dengan durasi yang lama dan biaya yang tidak signifikan biaya langsung meningkat dengan durasi biaya langsung yang lama dan secara tidak langsung mendapatkan total biaya dan waktu yang optimal. Proyek Pembangunan Gedung Kelas Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Besuki akan dilaksanakan di atas lahan tersebut. Pekerjaan struktural pada proyek yang dimulai pada 1 Juni 2021 ditargetkan selesai dalam 6 bulan, yakni pada November 2021. Jangka waktu tersebut cukup lama sehingga memungkinkan untuk dipercepat. Metode yang digunakan untuk mempercepat adalah analisis Time Cost Trade Off. Percepatan dalam penelitian ini dilakukan dengan penambahan jam kerja. Dengan melakukan langkah-langkah kompresi jalur kritis dari Bar Chart di aplikasi Ms Project maka pengurangan durasi yang optimal dapat ditemukan. Dari hasil studi analisis perhitungan dapat diketahui durasi optimal proyek 122 hari dengan total biaya Rp. 849.550.435,-karena ada keterlambatan pelaksanaan selama 6 hari dan bila percepatan biaya tidak langsung sedikit nilainya tidak dapat mempengaruhi biaya langsung.


 


Kata kunci: Akselerasi, Biaya Optimasi, Durasi, Optimasi, Time Cost Trade Off

Keywords

akselerasi biaya optimasi durasi optimasi time cost trade off

Article Details

How to Cite
Lutfan Anas Zahir. (2021). STRATEGI OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA MENGGUNAKAN TIME COST TRADE OFF (TCTO) PADA PEMBANGUNAN GEDUNG RUANG KELAS SMPN 1 BESUKI . JURNAL DAKTILITAS, 1(2), 36-51. https://doi.org/10.36563/daktilitas.v1i2.442