Main Article Content

Abstract

Secara umum setiap rumah sakit memiliki tehnik untuk menciptakan pelayanan kesehatan  yang mudah diperoleh masyarakat,  utamanya rumah sakit yang menerima rujukan dari berbagai daerah lain. RSUD dr. Iskak Tulungagung mengupayakan berbagai inovasi dengan bertujuan agar  masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan cepat,  tepat, efektif, dan efisien. IGD yang   menjadi pintu pertama rumah sakit,  sangat dibutuhkan strategi penyebarluasan informasi kepada masyarakat supaya inovasi yang  telah tercipta benar–benar  terlaksana dengan benar.


Dalam penelitian ini,  peneliti ingin mengetahui lebih dalam strategi penyebarluasan informasi inovasi IGD RSUD dr. Iskak Tulungagung sekaligus faktor pendukung dan  penghambat dalam strategi penyebarluasannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik penelitian melakukan observasi   dan wawancara langsung dengan narasumber yang  mengetahui berbagai hal tentang permasalahan   yang kami  teliti. Sedang fokus penelitian meliputi strategi sosialiasi secara langsung dan  strategi sosialisasi secara tidak langsung melalui brosur, baner, dll.  Faktor pendukung dan  penghambat dalam penyebarluasan informasi inovasi IGD meliputi faktor internal dan  faktor eksternal.  Dalam strategi penyebarluasan informasi inovasi IGD yang  menjadi faktor pendorong antara lain : dukungan pemerintah Kabupaten Tulungagung, semua pegawai RSUD dr.  Iskak Tulungagung, sarana prasarana yang  sudah memadai, dan  adanya koordinasi yang  baik dengan lintas sectoral. Faktor penghambatnya diantaranya : belum dilakukannya sosialisasi sampai ke daerah pelosok / desa-desa,  ketidakpedulian sebagian masyarakat akan adanya sosialiasi dari tim RSUD dr. Iskak Tulungagung dan susah sinyal di  daerah–daerah tertentu.


 


Kata Kunci : Strategi,  penyebarluasan informasi, inovasi

Article Details

How to Cite
Slamet Hariyanto, & Nindi Rafika Tifani. (2021). STRATEGI PENYEBAR LUASAN INFORMASI INOVASI IGD RSUD DR. ISKAK TULUNGAGUNG. Publiciana, 12(1), 40-69. https://doi.org/10.36563/publiciana.v12i1.196