Main Article Content

Abstract

Pemerintah desa tidak bisa menunda –nunda lagi dalam melakukan upaya untuk memberdayakan perekonomian masyarakat mereka. Peningkatan kualitas SDM bisa diupayakan dengan pemberdayaan masyarakat utamanya dalam pembentukan dan perubahan prilaku masyarakat desa dengan harapan kehidupan dan taraf hidupnya menjadi lebih baik dan berkualitas. Pemerintah desa Waung dalam upaya pemberdayaan masyarakat mempunyai beberapa strategi dan inovasi -inovasi agar ekonomi masyarakat kualitasnya..


Adapun perumusan masalah skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemerintah desa Waung dalam peningkatan kualitas ekonomi masyarakat desa Waung? (2) Apa saja inovasi –inovasi yang dilakukan pemerintah desa Waung untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakatnya?


Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah di Desa Waung Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.


Hasil Penelitian: (1) Strategi pemerintah Desa Waung  dalam peningkatan kualitas ekonomi masyarakat melalui: a) Pembangunan Sarana Dan Prasarana Area Persawahan Desa; b) Pengembangan Industri Kecil Menengah; c)Bantuan Bibit Dan Pakan Fermentasi Hewan Ternak. (2) Inovasi yang dilakukan Pemerintah Desa Waung untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat antara lain:a) Pembangunan Wisata Baru Di Desa Waung Kecamatan Boyolangu meliputi Wisata Pertanian Belimbing Organik dan Wisata Tambak Pemancingan Ikan; b) Sosialisasi Pembuatan Tanaman Hidroponik.


 


Kata Kunci :Strategi Pemerintah Desa, Peningkatan Kualitas Ekonomi

Article Details

How to Cite
Laily Purnawati, & Ovilia Inda Putri. (2021). STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS EKONOMI MASYARAKAT DESA WAUNG (Studi Pada Desa Waung Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). Publiciana, 12(1), 70-92. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/197