ANALISIS ANTRIAN PELAYANAN INSTALASI AMBULANCE PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ISKAK DI TULUNGAGUNG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis antrian pelayanan instalasi ambulance pada seksi penunjang pelayanan non medis. Sistem pelayanan instalasi ambulance merupakan penunjang pelayanan medis yang secara praktis menjadi pertimbangan teknis maupun ekonomis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan mencatat antrian yang terjadi pada hari kerja selama periode tertentu sebagai data sampel. Adapun medote yang digunakan adalah saluran banyak-fase tunggal, sedangkan model antriannya adalah M/M/S/I/I. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, pihak manajemen telah mengoperasikan 3 unit ambulance dalam system pelayanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesibukan instalasi ambulance sebesar 9,17%, probabilitas tidak ada pengguna jasa dalam system sebesar 0,75, jumlah rata-rata pengguna jasa menunggu dalam sistem antrian sebesar 0,0003 pengguna, jumlah rata-rata pengguna jasa berada dalam sistem antrian sebesar 0,27 pengguna, waktu rata-rata pengguna jasa menunggu dalam sistem antrian selama 0,0014 jam dan waktu rata-rata pengguna jasa berada dalam sistem antrian selama 1,25 jam. Berdasarkan hasil analisis antrian pelayanan menunjukkan bahwa operasional sistem pelayanan instalasi ambulance sudah baik berarti belum perlu menambah sarana/fasilitas instalasi ambulance. Namun demikian ditinjau dari sisi pembiayaan fasilitas/sarana pelayanan dapat dikatakan kurang efisien tetapi melihat perkembangan pelayanan medis begitu pesat, maka fasilitas/sarana pelayanan instalasi ambulance yang digunakan dalam pelayanan segera akan mencapai kondisi yang ekonomis.
Abstract
This study aimed to describe the results of the analysis of queues at the ambulance service installation section of non-medical support services. Installation of an ambulance service system supporting medical services practically be considered technically and economically. Data collection was conducted by observing and recording the queue that occur on weekdays during a given period as the data sample . The methods used are a single channels - single phase , whereas the model queue is M/M/S/I/I. Based on the observations made , the management has 3 units operate ambulance services in the system . The analysis showed that the level of activity at 9.17 % ambulance installation, the probability of not service user in the system of 0.75, the average number of service users waiting in the queue at 0.0003 user system, the average number of service users are in 0.27 queuing system users, the average time of service users in the system waiting queue for 0.0014 hours and the average time of service users are in the system queue for 1.25 hours. Based on the results of the analysis indicate that the operational service queuing system installation ambulance services are already well-meaning yet need to add facilities/ installations ambulance facility. However, in terms of the financing facility/service facilities can be said to be less efficient but saw rapid development of medical services, the facility/installation ambulance service facilities used in the service will soon achieve economic conditions.
References
Ahyari Agus. 2000. Manajemen Produksi – Pengendalian Produksi. Buku I. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Handoko T. Hani. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Yogyakarta: BPFE.
Indriantoro Nur dan Supomo Bambang. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis – Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kakiay, Thomas J. 2004. Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran – Analisi, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Jilid 1. Edisi Ke Enam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
-----------------. 2002. Manajemen Pemasaran – Analisi, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Moekijat. 1984. Kamus Management. Bandung: Penerbit Alumni.
Siagian, P. 1997. Penelitian Operasional : Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit UI Press.
Stanton, William. 1993. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Subagyo, Pangestu, Asri, Marwan & Hani T. Handoko. 2000. Dasar-Dasar Opaerations Research. Cetakan Ketiga belas, Yogyakarta: BPFE UGM.
Swastha, Basu. 1999. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Supranto, J. 1998. Riset Operasi Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: Penerbit UI.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Umar Husein. 1999. Metodologi Penelitian – Aplikasi Dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Yamit, Zulian. 2003. Manajemen Kuantitatif Untuk Bisnis (Operations Research). Edisi 2003/2004. Yogyakarta: BPFE UGM.
.