PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi Empiris Pada IKKR Bidang Produksi Tekstil, Barang Kulit dan Alas Kaki di Kabupaten Tulungagung)

  • Krisan Sisdiyantoro Universitas Tulungagung
  • Eni Widhajati Universitas Tulungagung
Abstract views: 126 , PDF downloads: 395
Keywords: Pengembangan kewirausahaan, peningkatan kinerja, kreativitas, inovasi dan motivasi

Abstract

                                                  Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh langsung antara kreativitas, inovasi dan motivasi terhadap pengembangan kewirausahaan dan pengaruh tidak langsung, yakni antara kreativitas, inovasi dan motivasi terhadap pengembangan kewirausahaan melalui peningkatan kinerja karyawan pada IKKR Bidang Produksi Tekstil, Barang Kulit dan Alas Kaki di Kabupaten Tulungagung. Hasil analisis atas pengaruh langsung maupun tidak langsung tersebut dapat dipergunakan sebagai bahan kajian bagi pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam melakukan pembinaan dan pengembangan pelaku usaha kecil maupun bagi manajemen pelaku usaha kecil sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil kuesioner.

Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan explanatory. Rencana kegiatan yang diusulkan meliputi riset pendahuluan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk mengetahui data IKKR bidang produksi tekstil, barang kulit dan alas kaki. Kemudian dilanjutkan pembuatan kuesioner, penyebaran kuesioner, pengumpulan kuesioner, tabulasi data,  pengujian dan analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis) untuk menguji seberapa besar pengaruh variabel kreativitas, inovasi dan motivasi terhadap pengembangan kewirausahaan melalui peningkatan kinerja karyawan, baik secara langsung maupun tidak langsung  pada IKKR bidang produksi tekstil, barang kulit dan alas kaki yang ada di Tulungagung dan kegiatan terakhir berupa penyusunan laporan penelitian dengan mempertimbangkan pustaka yang relevan dan hasil analisis data yang telah diperoleh.

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh tak langsung variabel Kreativitas (X1) terhadap pengembangan kewirausahaan (Y2) melalui kinerja karyawan (Y1) adalah signifikan; pengaruh tak langsung variabel Inovasi (X2) terhadap pengembangan kewirausahaan (Y2) melalui kinerja karyawan (Y1) adalah signifikan; dan pengaruh tak langsung variabel motivasi (X3) terhadap pengembangan kewirausahaan (Y2) melalui kinerja karyawan (Y1) adalah signifikan.

Abstract

 

The purpose of this research is to know the direct influence of creativity, innovation and motivation towards entrepreneurship development and indirect influence, that is between creativity, innovation and motivation toward entrepreneurship development through employee performance improvement on IKKR in Textile, Leather and Footwear Production in Kabupaten Tulungagung. The results of the analysis of the direct or indirect influence can be used as a study material for local government in this case Dinas Perindustrian dan Perdagangan in conducting the development and development of small business actors as well as for the management of small business actors as a consideration in decision-making related to entrepreneurship development.The data used in this study is the primary data in the form of the results of the questionnaire. The method used is survey method with explanatory approach. The data was collected through questionnaires with 150 respondents, interviewing business actors and employees, observation and documentation. Data analysis uses path analysis to test how much influence of creativity, innovation and motivation toward entrepreneurship development through improvement of employee performance, either directly or indirectly in IKKR in Textile,Leather and Footwear Production in Tulungagung.

The result of analysis in this research shows that the indirect influence of creativity variable (X1) on the development of entrepreneurship (Y2) through employee performance (Y1) is significant; indirect variable influence of Innovation (X2) on entrepreneurship development (Y2) through employee performance (Y1) is significant; and the indirect effect of motivation variable (X3) on entrepreneurship development (Y2) through employee performance (Y1) is significant.

 

Keywords:  Entrepreneurship development, performance improvement, creativity, innovation and motivation.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ferdinan, A. 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: BP UNIDIP.

Hills, G. 2008. Marketing and Entrepreneurship, Research Ideas and Opportunities. Journal of Small and Medium Entreprenuertship: 27-39.

Indriantoro, N. dan Supomo, B. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Kuncoro, M. 2006. Tantangan dan Peluang Ekonomi Kerakyatan dalam Era Globalisasi Ekonomi. Analaisis CSIS. XXVI, No. 1.

Larsen, P., dan A. Lewia. 2007. How award winning SMEs manage the barriers to innovation. Journal Creativity and Innovation Management: 141-151.

Mangkunegoro, A.P., 2005, Evaluasi Kinerja SDM, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Meredith, G.G., R.E. Nelson, A.P. Neck. 2005. Kewirausahaan. Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit PPM.

Notoatmojo, S. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung. 2013. Tulungagung Dalam Angka.

Sihotang, A.S. 2010. Analisis Pengaruh Kreativitas, Inovasi dan Motivasi Pengusaha Pribumi terhadap Kinerja Usaha daerah Jakarta. Bandung dan Medan. Tesis tidak dipublikasikan.

Suharto, P. 2010. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. edisi 1. Yogyakarta: BPFE.

Sukirman. 2014. Pengembangan Kewirausahaan Melalui Peningkatan Kinerja Karyawan, Jurnal Ekonomi dan bisnis, Vol. XVII Edisi April: 143-162.

Suryana. 2003. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Tika, Moh. Pabandu. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Edisi pertama. Jakarta: PT Bumi Aksara.

UU RI No. 2008. Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Sinar Grafika, Jakarta.

Wijaya, Toni. 2009. Analisis Structural Equation Modeling Menggunakan Amos. Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.

Wursanto, I. 2005. Dasart-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Yaghooobi, N.M., H. Salarzehi, A. Hamed, dan H. Akbari. 2010. An evaluation of independent entrepreneurship obstacles in industrial SMEs. European Journal of social Sciencel: 33-45.

Zimmerer T.W., N.M. Scarborough, dan Wilson D. 2005. Essential of Entreprenuership on Small Business Management, 5th. Diterjemahkan: D. Arnos Kwary dan Dewi Fitriani, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.26.

Published
2017-07-15
How to Cite
Sisdiyantoro, K., & Widhajati, E. (2017). PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi Empiris Pada IKKR Bidang Produksi Tekstil, Barang Kulit dan Alas Kaki di Kabupaten Tulungagung). BENEFIT , 4(1), 1-14. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/93
Section
Articles