PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI SWALAYAN INDOMARET KAUMAN TULUNGAGUNG

  • Krisan Sisdiyantoro
Abstract views: 263 , PDF downloads: 232
Keywords: Bukti nyata, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan keputusan berbelanja.

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara produk, harga, lokasi, dan pelayanan terhadap keputusan konsumen berbelanja di Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung, baik secara simultan maupun parsial. Jika ada pengaruhnya, maka selanjutnya untuk mengetahui pengaruh paling besar terhadap keputusan konsumen berbelanja di Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung. Pengambilan sampel yang berjumlah 88 responden dilakukan dengan teknik aksidental sampling. Ada 5 (lima) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu:4 (empat) variabel bebas yaitu produk, harga, lokasi, pelayanan, dan satu variabel terikat yaitu keputusan berbelanja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/ kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = - 6,701 + 0,232 X1 + 0,595 X2 + 0,282X3 + 0,247 X4 + 0,240 X5 dan secara simultan variabel produk, harga, lokasi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen berbelanja di Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung. Secara parsial masing-masing variable produk, harga, lokasi, dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen berbelanja di Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung. Koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil 0,598 berarti semua variabel bebas secara keseluruhan memberikan kontribusi sebesar 59,80% terhadap keputusan konsumen berbelanja di Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak perusahaan maupun bagi konsumen sendiri. Perusahaan diharapkanakan lebih memahami tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam berbelanja terutama yang terkait dengan faktor-faktor bauran ritel, sehingga kedepan diharapkan perusahaan dapat menerapkan strategi bauran ritel yang lebihbaik. Bagi konsumen diharapkanakan lebih mencermati tentang keadaan dan kondisi yang ada di swalayan sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan atau rujukan dalam melakukan keputusan pembelian atau berbelanjanya.

Abstract

This study aims to determine the effect of product, price, location, and service to the consumer's decision to shop at Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung, either simultaneously or partially. If there is influence, then next to know the biggest influence on consumer's decision to shop at Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung. The population in this study is all consumers who shop at Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung. The sampling of 88 respondents was done by accidental sampling technique. There are 5 (five) variables studied in this research, that is: 4 (four) independent variable that is product, price, location, service, and one dependent variable that is decision of shopping. Data collection techniques used in this study is a questionnaire. The data collected were analyzed by descriptive analysis percentage and multiple linear regression analysis using SPSS program. Based on the result of research, regression equation Y = - 6,701 + 0,232 X1 + 0,595 X2 + 0,282 X3 + 0,247 X4 + 0,240 X5 and simultaneously variable of product, price, location and service have significant effect to consumer decision to shop atSwalayan Indomaret Kauman Tulungagung. Partially, each variable of product, price, location, and service have an effect on signifikan to consumer decision of shopping at Swalayan Indomaret Kauman Tulungagung. Coefficient of determination (R2) obtained by result of 0,598 mean all independent variable as a whole give contribution equal to 59,80% to consumer decision of shopping atSwalayan Indomaret Kauman Tulungagung, while the rest influenced other variable which not examined in this research. The results of this study is expected to be useful for the company as well as for consumers themselves. The company is expected to better understand the factors that can influence consumer decisions in shopping, especially those related to retail mix factors, so that the future is expected the company can implement a better retail mix strategy. For consumers is expected to be more careful about the conditions and conditions that exist in supermarkets so that it can be a material consideration or referral in making purchasing or spending decisions.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung Nugroho, Bhuono. 2001. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS.Yogyakarta: Andi.

Engel, James, dkk. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta: Bina Aksara.

Herwan. 2002. Pengaruh Lokasi, Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli BarangDi Pujapati Roromendut. Kabupaten Pati.

Iriansyah, Sony. Pengaruh Harga, Citra Pariwisata, dan PromosiTerhadap Kepuasan PelannganTaman Mini Indonesia Indah. Jakarta:Unnes.

Kertajaya, Hermawan. 2002.Marketing Plus 2000, Siasat Memenangkan Pasar Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. 1997.Manajemen PemasaranJilid II. Jakarta: Prenhallindo

Kotler Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lamb, dkk. 2001.PemasaranJilid 2. Jakarta: Salemba Empat.

Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nasution. 2004. Manajemen Jasa Terpadu (Total Service Management). Bogor: Ghalia Indonesia.

Rambat, Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta : Salemba Empat.

Somantri, Ating dan Sambas Ali Muhidin. 2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Swastha, Basu, Ibnu Sukotjo. 1998.Pengantar Bisnis Modern (edisi ketiga). Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Whidya Utami, Christina. 2006. Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.

How to Cite
Sisdiyantoro, K. (1). PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI SWALAYAN INDOMARET KAUMAN TULUNGAGUNG. BENEFIT , 3(1), 59-74. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/91
Section
Articles