SERTIFIKASI DOSEN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TULUNGAGUNG

Authors

  • Andri Wahyudi Universitas Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.36563/publiciana.v10i1.101

Keywords:

Sertifikasi dosen, Peningkatan kualitas pembelajaran

Abstract

                                                   ABSTRAK

Sertifikasi dosen atau lebih populer disebut dengan istilah Serdos  adalah merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kompetensi dosen. Yang dimaksud dengan Sertifikasi disini adalah suatu proses pemberian setifikat pendidik kepada dosen oleh Pemerintah setelah dosen mengikuti beberapa prosedur penilaian sebagaimana diatur dan tertuang dalam UU No. UU 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen serta tertuang dalam  PP No. 37 Tahun 2009 tentang Dosen.

Pada hakikatnya sertifikasi dosen diberikan oleh pemerintah mempunyai beberapa tujuan diantaranya adalah : 1. Menilai profesionalisme dosen guna kelayakan dosen dalam melaksanakan tugas, 2. Melindungi profesi dosen sebagai agen pembelajaran di perguruan tinggi, 3. Meningkatkan proses dan hasil pendidikan, 4. Mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional, 5. Meningkatkan kesadaran dosen terhadap kewajiban menjujung tinggi kejujuran dan etika akademik terutama larangan plagiasi. Selain hal tersebut diatas dengan diberikannya sertifikasi dosen diharapkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran selanjutnya juga akan diikuti peningkatan kualitas pendidikan termasuk peningkatan kualitas dosen serta adanya peningkatan kesejahteraan dosen.

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitiannya di Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tulungagung dengan jenis dan sumber data yang dipakai Data Primer yaitu Struktural Fakultas, Dosen penerima Sertifikasi Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa. Untuk data sekundernya yaitu data bkd-lkd dosen data prestasi akademik mahasiswa/KHS, data lulusan/masa studi/IP/masa tunggu alumni. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket/ kuisioner, observasi , wawancara, dokumentasi sedangkan analisa datanya menggunakan model interaktif seperti  yang dikemukakan oleh Miles & Huberman (2002 : 23).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Riyadi, Ahmad. Dr Dkk, 2008, Pengantar Penerjemah Manajemen Pendidikan Berbasis Industri, IRCiSoD, Jogyakarta.

Arikunto, Suharsimi,Prof.Dr, 2010, Manajemen Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Daryanto, Drs. H.M, 2010, Administrasi Pendidikan, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Dr,E,Mulyasa,M.pd, 2008, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Dosen, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Fasli Jalal, 2006, Sertifikasi Guru & Dosen Untuk Mewujutkan Pendidikan yang Bermutu, Bumi Aksara, Jakarta. 2006

Moleung, Lexy.J, Prof,Dr, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru & Dosen Menuju Profesionalisme Pendidik. Bumi Aksara Jakarta.

Miles, B. Mathew & M Huberman, 2012, Analis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru. Diterjemahkan oleh Tjecep Rohadi Jakarta: UI Pres

Riyono, Yatim,Prof,Dr, H.M.Pd, Paradikma Baru Pembelajaran, 2009, Kencana Prenada Media Group, Surabaya

S.Arcaro, Jerome, 2006, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Samani, Muclas dkk. 2006. Mengenai Sertifikasi Guru & Dosen di Indonesia. SIC, Surabaya

Sarimaya, Farida,2008, Sertifikasi Guru & Dosen, CV. RAMA WIDYA cet 1, Bandung

Suryabrata, Sumadi, 2008, Metode Penelitian, PT. Bajagrafindo Persada, Jakarta.

Sutrisno, Edy, Dr,H,M.Si, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenata Media Group, Jakarta.

Suyatno, 2008 , Sertifikasi Guru & Dosen, PT Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta,

Uzer Usman, 1990, Menjadi Guru & Dosen Profesional, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Yosal Iriantara, 2005, Terjemahan Pendidikan Berbasis Mutu, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

PERUNDANG –UNDANGAN

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Downloads

Published

2017-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

SERTIFIKASI DOSEN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TULUNGAGUNG. (2017). Publiciana, 10(1), 43-69. https://doi.org/10.36563/publiciana.v10i1.101