Main Article Content

Abstract

                                                   ABSTRAK

Sertifikasi dosen atau lebih populer disebut dengan istilah Serdos  adalah merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kompetensi dosen. Yang dimaksud dengan Sertifikasi disini adalah suatu proses pemberian setifikat pendidik kepada dosen oleh Pemerintah setelah dosen mengikuti beberapa prosedur penilaian sebagaimana diatur dan tertuang dalam UU No. UU 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen serta tertuang dalam  PP No. 37 Tahun 2009 tentang Dosen.

Pada hakikatnya sertifikasi dosen diberikan oleh pemerintah mempunyai beberapa tujuan diantaranya adalah : 1. Menilai profesionalisme dosen guna kelayakan dosen dalam melaksanakan tugas, 2. Melindungi profesi dosen sebagai agen pembelajaran di perguruan tinggi, 3. Meningkatkan proses dan hasil pendidikan, 4. Mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional, 5. Meningkatkan kesadaran dosen terhadap kewajiban menjujung tinggi kejujuran dan etika akademik terutama larangan plagiasi. Selain hal tersebut diatas dengan diberikannya sertifikasi dosen diharapkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran selanjutnya juga akan diikuti peningkatan kualitas pendidikan termasuk peningkatan kualitas dosen serta adanya peningkatan kesejahteraan dosen.

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitiannya di Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tulungagung dengan jenis dan sumber data yang dipakai Data Primer yaitu Struktural Fakultas, Dosen penerima Sertifikasi Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa. Untuk data sekundernya yaitu data bkd-lkd dosen data prestasi akademik mahasiswa/KHS, data lulusan/masa studi/IP/masa tunggu alumni. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket/ kuisioner, observasi , wawancara, dokumentasi sedangkan analisa datanya menggunakan model interaktif seperti  yang dikemukakan oleh Miles & Huberman (2002 : 23).

 

Keywords

Sertifikasi dosen Peningkatan kualitas pembelajaran

Article Details

How to Cite
Wahyudi, A. (2017). SERTIFIKASI DOSEN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TULUNGAGUNG. Publiciana, 10(1), 43-69. https://doi.org/10.36563/publiciana.v10i1.101

References

  1. Ali Riyadi, Ahmad. Dr Dkk, 2008, Pengantar Penerjemah Manajemen Pendidikan Berbasis Industri, IRCiSoD, Jogyakarta.
  2. Arikunto, Suharsimi,Prof.Dr, 2010, Manajemen Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
  3. Daryanto, Drs. H.M, 2010, Administrasi Pendidikan, PT. Rineka Cipta, Jakarta
  4. Dr,E,Mulyasa,M.pd, 2008, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Dosen, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
  5. Fasli Jalal, 2006, Sertifikasi Guru & Dosen Untuk Mewujutkan Pendidikan yang Bermutu, Bumi Aksara, Jakarta. 2006
  6. Moleung, Lexy.J, Prof,Dr, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
  7. Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru & Dosen Menuju Profesionalisme Pendidik. Bumi Aksara Jakarta.
  8. Miles, B. Mathew & M Huberman, 2012, Analis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru. Diterjemahkan oleh Tjecep Rohadi Jakarta: UI Pres
  9. Riyono, Yatim,Prof,Dr, H.M.Pd, Paradikma Baru Pembelajaran, 2009, Kencana Prenada Media Group, Surabaya
  10. S.Arcaro, Jerome, 2006, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
  11. Samani, Muclas dkk. 2006. Mengenai Sertifikasi Guru & Dosen di Indonesia. SIC, Surabaya
  12. Sarimaya, Farida,2008, Sertifikasi Guru & Dosen, CV. RAMA WIDYA cet 1, Bandung
  13. Suryabrata, Sumadi, 2008, Metode Penelitian, PT. Bajagrafindo Persada, Jakarta.
  14. Sutrisno, Edy, Dr,H,M.Si, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenata Media Group, Jakarta.
  15. Suyatno, 2008 , Sertifikasi Guru & Dosen, PT Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta,
  16. Uzer Usman, 1990, Menjadi Guru & Dosen Profesional, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
  17. Yosal Iriantara, 2005, Terjemahan Pendidikan Berbasis Mutu, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
  18. PERUNDANG –UNDANGAN
  19. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  20. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  21. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.