Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya kegiatan pembangunan yang menyebabkan peningkatan dampak terhadap lingkungan seperti meningkatkan resiko perusakan atau pencemaran lingkungan yang merupakan beban sosial, yang pada akhirnya masyarakat dan pemerintah harus menanggungnya. Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung berupaya mengatasi dampak perusakan dan pencemaran lingkungan. Oleh karena tugas yang diemban oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung berat, maka perlu melakukan pengembangan kapasitas sebagai upaya peningkatan organisasi demi mewujudkan pembangunan kota berwawasan lingkungan.


Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan qkualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi.


Hasil Penelitian: Pengembangan kapasitas organisasi sektor publik pada  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung dilakukan secara terus menerus melalui pengembangan sumberdaya manusia dan penguatan organisasi meliputi : pemanfaatan personil, kepemimpinan, budaya organisasi, komunikasi. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kapasitas organisasi pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung antara lain: a) Faktor pendukung meliputi: komitmen bersama (Collective commitment), kepemimpinan yang kondusif (Conducive leadership); b) Faktor penghambat meliputi: egosektoral masing-masing bidang, sarana dan prasarana. Hal tersebut perlu segera ditindak lanjuti untuk bisa meningkatkan kinerja pegawai agar dapat mewujudkan pembangunan kota berwawasan lingkungan sesuai visi, misi organisasi.


 


Kata Kunci :Pengembangan Kapasitas Organisasi,Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Article Details

How to Cite
Nunun Nurhajati, & Alifia Fitriananda Muhyidin. (2021). PENGEMBANGAN KAPASITAS ORGANISASI SEKTOR PUBLIK DALAM 1MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN KOTA BERWAWASAN LINGKUNGAN (Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung). Publiciana, 12(1), 1-23. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/193