Main Article Content

Abstract

Dalam rangka mendisiplinkan pegawainya, kepala UPTD Pasar Kauman, menerapkan sistem absensi online Finger Print. Dikarenakan selama ini pada absensi manual (hanya berupa buku daftar hadir), kepala sekolah dan pegawai yang melihat absensi, tidak bisa mengetahui tingkat kedisiplinan pegawai lain. Sebab pada absensi manual, pegawai dapat memanipulasi data absensi, seperti bisa merapel di hari lain atau menitip absen pada pegawai lain. Sehingga sistem absensi Finger Print ini diterapkan sebagai perwujudan perbaikan penggunaan absensi manual yang dianggap tidak efektif dan efisien dalam penerapannya.


Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Lalu, tekhnik pengumpulan data yang dipakai adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan sebagai berikut: (1)Dampak Penerapan Absensi Finger Print dengan Peningkatan Kedisiplinan Pegawai di UPTD Pasar Kauman Kabupaten Tulungagung, sebagai berikut:


(a) Ketepatan Jam Kerja, (b) Kepatuhan pegawai, (c) Penyelesaian Tugas, (d) Mematuhi peraturan dalam bekerja. (2) Faktor Yang Mendukung dan Faktor Yang Menghambat dengan Penerapan Absensi Finger Print dalam Peningkatan Kedisiplinan Pegawai di UPTD Pasar Kauman Kabupaten Tulungagung, antara lain: (a) Faktor Pendukung: Sarana dan Prasarana yang sudah memadahi dengan adanya mesin finger print yang sudah tersedia, Peraturan dari Dinas yang mendukung, Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, (b) Faktor Penghambat: Connect Internet (Jaringan Internet) yang masih sedikit lelet, efisiensi waktu yang masih belum maksimal apabila terjadi kerusakan pada mesin finger print.

Article Details

How to Cite
Nunun Nurhajati, & Cicik Malinda. (2021). DAMPAK PENERAPAN ABSENSI FINGER PRINT DENGAN KEDISIPLINAN PEGAWAI DI UPTD PASAR KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. Publiciana, 14(1), 144-168. https://doi.org/10.36563/publiciana.v14i1.299

References

  1. Adi, S. 2015. Development of a virtual laboratory on topic excretory system to improve learning motivation of students xi grade at state senior high school 2 bondowoso. Artikel Ilmiah Mahasiswa, (1), hlm. 1-8.
  2. Alex, Nitisemito. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka setia.
  3. Amir, Mohammad Faisal, 2015. Memahami Evaluasi Kinerja Karyawan, Konsep, dan Penilaian Kinerja di Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
  4. Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  5. Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
  6. Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta: Gava Media.
  7. Cahyana dan Maolani, R. A. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
  8. Djunaidi Ghony dan Fauzan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-. Ruzz Media.
  9. Dolet,Unaradjan. 2013. Manajemen Disiplin. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
  10. Edy, Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada. Jakarta: Media Group.
  11. Gaol, L. Jimmy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.
  12. Gibson, R L; Mitchell, Marianne H. 2011. Bimbingan dan Konseling (Edisi. Indonesia-Edisi ke Tujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  13. Hani, Syafrida. 2015. Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: UMSU PRESS
  14. Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty
  15. Hanifah, Oktita Earning. 2013. Pengaruh Struktur Corporate Governance dan Financial Indicators terhadap Kondisi Financial distress Distress (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursadi Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010). Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.
  16. Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi. Aksara.
  17. Hurlock, E. B. 2012. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang. Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga. Kenneth, T. 2012. The Bacterial Flora of Humans Todar's Online Textbook of Bacteriology. Madison, Wisconsin.
  18. Maisaroh, Rostieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di Smk Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2. November.
  19. Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Source book, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi,UI-Press.
  20. Muhaimin, dkk. 2010. Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya dalam penyusunan. Rencana Pengembangan Sekolah / Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada.
  21. Nur, Ahmad Rofi, 2012. Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengalaman Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Departemen Produksi PT. Leo Agung Raya Semarang, Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, Vol 3 Nomor 1, Mei 2012.
  22. Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan. Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  23. Rahman, MasykurArif. 2011. Pentingnya Disiplin Belajar. Jakarta: Rineka. Cipta.
  24. Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
  25. Rohman, Arif. 2011. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laks Bang Mediatama.
  26. Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan. Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
  27. Santoso, AW Yulianto. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer 16 (2), 65-75, 20