Main Article Content

Abstract

Perilaku BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di daerah pegunungan yang masih banyak ditemui. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut sehingga kebiasaan buruk ini masih saja dilakukan.


Perilaku BABS (Buang Air Besar Sembarangan) seperti di Desa Besuki, Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, meskipun beberapa bantuan telah dilaksanakan ternyata tidak mampu merubah perilaku masyarakat desa tersebut dengan alasan yang variatif.


Dengan adanya Program ODF (Open Defecation Free) diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan BABS tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Lokasi penelitian ini di Desa Besuki, Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai adalah model interaktif Miles dan Hoberman.


 


Kata Kunci : Pelaksanaan ODF (Open Defecation Free)

Article Details

How to Cite
Angkasawati, & Eny Astriani. (2021). PELAKSANAAN ODF (OPEN DEFECATION FREE) DI DESA BESUKI KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK. Publiciana, 12(1), 23-39. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/195