Main Article Content

Abstract

Dewasa ini kinerja aparatur pemerintah merupakan elemen yang  sangat penting  terlebih di era pandemi seperti sekarang ini pelayanan publik kepada masyarakat sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Hubungannya dengan organisasi pemerintah dalam hal ini Aparatur Pemerintah Desa yang kinerjanya dituntut dan menentukan sekali dalam menjalankan pelayanan publik yang dapat memberikan tidak sekedar pelayanan akan tetapi pelayanan publik yang bisa memberikan kepuasan(optimal). Hal ini seiring dengan kondisi masyarakat sekarang yang semakin kritis terkait tuntutan untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik.


Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk memotret/mengungkap bagaimana kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam  pelayanan publik kepada masyarakat. Disamping itu dalam penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan mengintepretasikan  tentang faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam  pelayanan publik di Kantor Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.


Dalam penelitian ini teknik analisa datanya menggunakan analisa data kualitatif, teknisk pengumpulan data, baik data primer maupun sekunder menggunakan teknik interview, observasi dan dokumentasi.


Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja Aparatur Pemerintah Desa merupakan kumpulan kinerja orang-orang/aparat yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya bersinergi untuk mencapai tujuan  bersama.


Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam melaksanakan pelayanan publik terlihat dalam pelayanan sehari-hari kepada masyarakat dapat dikatakan cukup baik.


Ada beberapa faktor yang berpengaruh yakni faktor pendukung diantaranya adalah : gedung kantor desa, ketrampilan & kemampuan Aparatur, motivasi Aparatur sedangkan faktor penghambatnya diantaranya adalah : kurangnya peralatan/perlengkapan kerja, ketergantungan ATK/BKK pada subsidi pemerintah, kurangnya pelatihan & pengembangan SDM.


Hasilnya dengan semakin baiknya kinerja Aparatur Pemerintah Desa maka pelayanan publik menjadi semakin berkualitas, di beberapa layanan terlihat kepuasan masyarakat  dan selanjutnya terlihat adanya peningkatan kesejahteraan rakyat di Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten

Keywords

Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Pelayanan Publik

Article Details

How to Cite
Andri Wahyudi. (2022). Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat (Suatu Tinjauan Tingkat Pendidikan Aparatur Pemerintah Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek). Publiciana, 15(01), 38-48. https://doi.org/10.36563/publiciana.v15i01.529

References

  1. Atmosudirjo, Prajudi, 2010, Administrasi & Manajemen Umum, Ghalia Indonesia, Jakarta.
  2. Afandi, Pandi, 2018, Manajemen Sumberdaya Manusia Teori Konsep dan Indikator, Zanafa Publishing, Pekanbaru
  3. Dwiyanto, Agus, 2010, Manajemen Pelayanan Publik, Gajahmada Press, Yogyakarta.
  4. Edwin, B, 2018, Pengaruh Kepemimpinan Lingkungan Kerja & Motivasi, PT Adinata Press, Jakarta.
  5. Halsey, George D dalam Fred N Kerlinger dkk. 2014, Bagaimana Memimpin dan Mengawasi Pegawai Anda, Rineka Cipta, Jakarta.
  6. Hadi Sutrisno 2010, Metode Penelitian research, Yogyakarta – Penerbit Andi Yogyakarta.
  7. Hayat, 2017, Manajemen Pelayanan Publik, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  8. Inu Kencana, 2010, Sistem Pemerintahan Indonesia, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
  9. Kusuma, YW, 2016, Pengaruh Motivasi Kerja dan Insentif Terhadap Semangat Kerja Karyawan, CV FA Manajemen, Jakarta.
  10. Lijan Poltak, S, 2016, Reformasi Pelayanan Publik Teori Kebijakan dan Implementasi, CV Mandar Maju, Jakarta.
  11. Muchdarsyah, S, Produktifitas Apa dan Bagaimana, Cetakan ke 9, Bumi Aksara, Jakarta.
  12. Muluk, 2010, Reorientasi Pengembangan Daerah, FIA UNIBRAW Malang.
  13. Munawaroh, 2012, Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Pegawai, Universitas Bina Darma Press, Kalimantan Timur.
  14. Moleong Lexy J. 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung PT. Remaja Rosda Karya.
  15. Moenir, H.A.S, 2010, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Pustaka Jaya , Jakarta.
  16. Nurmandi, Akhmad, 2010, Manajemen Pelayanan Publik, Sinergi Publishing, Yogyakarta.
  17. Prijodarminto , 2017, Disiplin Kiat Menuju Sukses, Abadi Jakarta.
  18. Poerwadarminta W.I.S 2010 Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta. Balai Pustaka.
  19. Sutrisno, Edy, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi pertama, Cetakan pertama, Kencana, Jakarta.
  20. Suryaningrat, Bayu, 2010, Penguatan Pemerintah Desa, Aksara Baru, Jakarta.
  21. Schuler, Randall S. 2019, Manajemen Sumber Daya Manusia Menghadapi Abad ke-21, Erlangga, Jakarta.
  22. Sondang, PS, 2013, Teori & Praktek Kepemimpinan, Rineka Cipta, Jakarta.
  23. Steers, Richard M. 2010, Efektivitas Organisasi, Erlangga, Jakarta.
  24. Simamora, Henry, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE PKPN, Yogyakarta.
  25. Wibowo, 2010, Manajemen Kinerja, Rajawali Press, Jakarta.
  26. Yuwono, S 2013, Birokrasi Indonesia dalam Era Globalisasi, Jakarta.
  27. Peraturan Perundang-undangan :
  28. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan Amandemennya.
  29. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara
  30. Peraturan pemerintah No 15 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil
  31. Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 7 Tahun 2010 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik
  32. Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek Nomor 22 Tahun 2011 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Trenggalek.
  33. Peraturan Bupati Trenggalek Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyusunan Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintah Desa.