Main Article Content

Abstract

Implementasi inovasi pelayanan publik berbasis e-government di Indonesia sudah berjalan selama lebih dari 10 (sepuluh) tahun. Pada praktiknya lembaga Peradilan di Indonesia dalam hal ini dibawah kewenangan Mahkamah Agung masih menerapkan inovasi dengan e-government sejak tahun 2018. Perkembangan inovasi pelayanan khususnya pada Pengadilan Agama memiliki berbagai terobosan yang sesuai dengan regulasi dan tantangan yang ada. Tujuan dari penelitian ini secara empiris akan menganalisis implementasi e-government pada


Pengadilan Agama Kelas IA Tulungagung. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis sesuai dengan fakta dan kenyataan yang terjadi pada obyek penelitian. Penelitian ini mereprenstasikan batasan tipologi inovasi pelayanan dengan berbagai model e-government seperti aplikasi e-court, SIPP, PTSP Online, SIWAS dan berbagai aplikasi lain yang mendukung keberhasilan pencapaian pelayanan publik yang berkualitas.

Keywords

Inovasi E-Government Pelayanan Publik

Article Details

How to Cite
Cahyono, A. S., Zauhar, S., Domai, T., & Siswidiyanto. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pengadilan Agama Kelas I A Tulungagung. Publiciana, 15(02), 82-97. https://doi.org/10.36563/publiciana.v15i02.644

References

  1. Akbar, A., & Sensuse, D. I. (2018). Pembangunan Model Electronic Government Pemerintahan Desa Menuju Smart Desa. Jurnal Teknik Dan Informasi, 5(1), 1–5.
  2. Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146
  3. LAN RI. (2017). Pengukuran Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik. http://ppid.lan.go.id/wp-content/uploads/2019/09/PIPEL-Pengukuran-Indeks-Inovasi-Pemerintah-Daerah.pdf
  4. Https://pemerintah.net/kompetisi-inovasi-pelayanan-publik-tahun-2015/, 2014. (n.d.). https://pemerintah.net/kompetisi-inovasi-pelayanan-publik-tahun-2015/, 2014. https://pemerintah.net/kompetisi-inovasi-pelayanan-publik-tahun-2015/, 2014
  5. https://sipp.pa-tulungagung.go.id/statistik_perkara. (2020). Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Agama Tulungagung. Sipp.Pa-Tulungagung.Go.Id. https://sipp.pa-tulungagung.go.id/statistik_perkara
  6. Https://www.pa-tulungagung.go.id/en/. (2022). Pengadilan Agama Kelas IA Tulungagung. https://www.pa-tulungagung.go.id/en/
  7. Muluk. (2008). Knowledge Management Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah.
  8. Raco, R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya) (1st ed.). Gramedia Widiaasarana Indonesia.
  9. Suripto, A. G. P. (2014). Hand Book Inovasi Administrasi Negara. In Hand Book Inovasi Administrasi Negara.
  10. Victor, B. (2013). E-government and innovation: The socio-political shaping of ICT as a source of innovation. Handbook of Innovation in Public Services, 253–268. https://doi.org/10.4337/9781849809757.00028