Main Article Content
Abstract
Implementasi inovasi pelayanan publik berbasis e-government di Indonesia sudah berjalan selama lebih dari 10 (sepuluh) tahun. Pada praktiknya lembaga Peradilan di Indonesia dalam hal ini dibawah kewenangan Mahkamah Agung masih menerapkan inovasi dengan e-government sejak tahun 2018. Perkembangan inovasi pelayanan khususnya pada Pengadilan Agama memiliki berbagai terobosan yang sesuai dengan regulasi dan tantangan yang ada. Tujuan dari penelitian ini secara empiris akan menganalisis implementasi e-government pada
Pengadilan Agama Kelas IA Tulungagung. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis sesuai dengan fakta dan kenyataan yang terjadi pada obyek penelitian. Penelitian ini mereprenstasikan batasan tipologi inovasi pelayanan dengan berbagai model e-government seperti aplikasi e-court, SIPP, PTSP Online, SIWAS dan berbagai aplikasi lain yang mendukung keberhasilan pencapaian pelayanan publik yang berkualitas.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
References
- Akbar, A., & Sensuse, D. I. (2018). Pembangunan Model Electronic Government Pemerintahan Desa Menuju Smart Desa. Jurnal Teknik Dan Informasi, 5(1), 1–5.
- Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146
- LAN RI. (2017). Pengukuran Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik. http://ppid.lan.go.id/wp-content/uploads/2019/09/PIPEL-Pengukuran-Indeks-Inovasi-Pemerintah-Daerah.pdf
- Https://pemerintah.net/kompetisi-inovasi-pelayanan-publik-tahun-2015/, 2014. (n.d.). https://pemerintah.net/kompetisi-inovasi-pelayanan-publik-tahun-2015/, 2014. https://pemerintah.net/kompetisi-inovasi-pelayanan-publik-tahun-2015/, 2014
- https://sipp.pa-tulungagung.go.id/statistik_perkara. (2020). Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Agama Tulungagung. Sipp.Pa-Tulungagung.Go.Id. https://sipp.pa-tulungagung.go.id/statistik_perkara
- Https://www.pa-tulungagung.go.id/en/. (2022). Pengadilan Agama Kelas IA Tulungagung. https://www.pa-tulungagung.go.id/en/
- Muluk. (2008). Knowledge Management Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah.
- Raco, R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya) (1st ed.). Gramedia Widiaasarana Indonesia.
- Suripto, A. G. P. (2014). Hand Book Inovasi Administrasi Negara. In Hand Book Inovasi Administrasi Negara.
- Victor, B. (2013). E-government and innovation: The socio-political shaping of ICT as a source of innovation. Handbook of Innovation in Public Services, 253–268. https://doi.org/10.4337/9781849809757.00028