Main Article Content

Abstract

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang elektronik khususnya kamera di Tulungagung adalah Toko O Camera Tulungagung. Kondisi persaingan yang ketat merupakan masalah yang dihadapi oleh Toko O Camera Tulungagung. Oleh karena itu Toko O Camera Tulungagung harus mempunyai strategi pemasaran tepat sesuai dengan kondisi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Toko O Camera Tulungagung untuk meningkatkan daya saing dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara. Jenis penlelitian ini adalah deskriptif kualitatifdan subjek yang diambil sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah pemilik Toko O Camera Tulungagung. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan tabel IFAS dan EFAS dengan skor IFAS = 1,05 dan EFAS=0,42 jika dituangkan dalam diagram analisis SWOT maka posisi Toko O Camera Tulungagung Terdapat dikuadran pertama (I), dimana Toko O Camera Tulungagung berada pada posisi yang kuat dan berpeluang sehingga dapat terus meningkatkan kemajuan dalam bersaing.

Keywords

Strategi Pemasaran Daya Saing Analisis SWOT

Article Details

How to Cite
Bondan Subagyo, & Nabiilah, A. I. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA TOKO O CAMERA. BEMJ : Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 3(1), 38-48. https://doi.org/10.36563/bemj.v3i1.1109

References

  1. Abdi Lulus P. (2018). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK ELEKTRONIK (Studi kasus di PT. Electrolux Surabaya) SKRIPSI.
  2. Abdillah, W., & Herawati, A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur: Studi Pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi Pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(2).
  3. Isroiyah, L., Halim, A., & Rahmawati, D. (2023). Bantuan Kaki Palsu pada Penyandang Disabilitas untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Kerja dalam Berwirausaha. JANITA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 33-40.
  4. Mokhamad Eldon, Nurani, Budi Prasetyo, & Sindi Dwi Syafitri. (2021). THE EFFECT OF SHOPPING LIFESTYLE ON IMPULSE BUYING ON THE MARKETPLACE SHOPEE. INTERNATIONAL SEMINAR, 3, 12-30.
  5. Nirmasari D. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH PERCETAKAN (Studi KasusUKM PercetakanThe Bejos Screen Printing, Kota Palopo, Sulawesi Selatan).
  6. Nurani, N., Marlena, M., Widhajati, E., & Rahmawati, D. (2023). Pendampingan Pengelolaan Usaha dan Pelatihan Getuk Frozen dan Bakpia di Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung . Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 2129–2132.
  7. Nurani, N., Marlena, M., & Rachmanto, F. T. (2021). Bauran Promosi Dalam Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Tulungagung. BENEFIT, 8(1), 25-40.
  8. Putri, M. A., & Oktafia, R. (2021). STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KERUPUK DESA TLASIH TULANGAN SIDOARJO. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 4.
  9. Rahmawati, D., Alfattama, L. C., & Rindang, D. R. (2022). OPTIMALISASI LOYALITAS, SEMANGAT, DAN DISIPLIN KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN. BEMJ: Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(1), 34-41.
  10. Santoso, E., Rochman, A., & Prasetyo, B. (2022). Studi kelayakan manajemen pembudidayaan ikan patin di Sambijajar, Sumbergempol, Tulungagung. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(10), 4632–4636.
  11. Sartono, S., Isroiyah, L., Eldon, M., & Setyorini, Y. A. (2023). PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. BEMJ: Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 2(2), 55-67.
  12. Sartono, S., & Subagyo, B. (2020). Analisis gender dalam suksesi perusahaan keluarga di kabupaten tulungagung. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 29-52.
  13. Sunarsi D, erlangga H, Haque-Fawzi M, Iskandar Syarief A, & Nurjaya. (2022). STRATEGI PEMASARAN KONSEP, TEORY dan IMPLEMENTASI.
  14. Utami N. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN DAYA SAING UMKM PADA USAHA DAGANG MILIK PKK DESA SIMPANG TIGA KEC. SAWIT SEBERANG KAB. LANGKAT.
  15. Wardhana, A., Sitinjak, W., hendrayani, E., Ahmad Yani, D., Sinaga, R., & Hilal,
  16. N. (2021). Konsep Bauran Pemasaran 4P dan 7P (Hartini, Ed.). CV.MEDIASAINSINDONESIA Melong Asih Regency B40CijerahKotaBandung-JawaBarat www.penerbit.medsan.co.id.