Main Article Content

Abstract

Abstract


This research is motivated by the increasingly fierce competition in the business
world, requiring business runners to develop a traditional herbal medicine business. By
designing an appropriate strategy, it is important for the survival of a business to maintain
its existence. The aims of this research are: (1) to find out and analyze how the development
strategy in the marketing aspect of Mbah Gedong's traditional herbal medicine business (2)
to find out things that can affect the development strategy of Mbah Gedong's traditional
herbal medicine business through SWOT analysis. This research is a qualitative descriptive.
Data collection techniques used are interviews, observation, literature review, and
documentation. Then the data analysis technique used SWOT analysis to find alternative
strategies used by Mbah Gedong's herbal medicine business. The results of the research
conducted indicate that the strategy used by Mbah Gedong's herbal medicine business is to
use the marketing mix. Based on the SWOT analysis, the business position is in quadrant I.
The strategy that needs to be implemented is a growth oriented strategy with strengths and
the availability of profitable opportunities.


Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan dunia bisnis yang semakin ketat,
menuntut pelaku usaha untuk mengembangkan usaha produksi peracikan jamu tradisional.
Dengan perancangan strategi yang sesuai penting untuk keberlangsungan hidup suatu usaha
dalam mempertahankan eksistensinya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui
dan menganalisis bagaimana strategi pengembangan pada aspek pemasaran usaha jamu
tradisional Mbah Gedong (2) untuk mengetahui hal – hal yang dapat mempengaruhi strategi
pengembangan pada usaha jamu tradisional Mbah Gedong melalui analisis SWOT.
Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu wawancara, observasi, kajian pustaka, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data
menggunakan analisis SWOT untuk mencari alternative strategy yang digunakan usaha
jamu Mbah Gedong. Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa strategi yang
dilakukan usaha jamu Mbah Gedong dengan menggunakan bauran pemasaran. Berdasarkan
analisis SWOT posisi usaha pada kuadran I. Strategi yang perlu diterapkan yaitu growth
oriented strategy dengan memiliki kekuatan dan tersedianya peluang yang dapat
menguntungkan.

Keywords

strategi pengembangan eksistensi jamu swot

Article Details

How to Cite
Bondan Subagyo, Sawal Sartono, & Keny Deva Lagasa. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JAMU DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI JAMU TRADISIONAL MBAH GEDONG DI REJOTANGAN TULUNGAGUNG . BEMJ : Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.36563/bemj.v1i1.573

References

  1. Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial, Cetakan Kesatu, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  2. Baba, Rifkiawan, Baruwadi, Mahludin & Boekoesoe, Y. 2019. Strategi Pengembangan UsahaKedai Kopi D’Philocoffee di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
  3. JurnalFakultasPertanian,(Online),3(2),
  4. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/AGR/.article/download/9717/2581 jurnalfakultas-pertanian-2019,diakses 5 Juli 2022.
  5. Desky, Nur Nazmah. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Perkembangan Usaha
  6. Mikro Kecil Menengah (UMKM), Skripsi dipublikasikan, Universitas Sumatera Utara,
  7. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/. 123456789/31847/150907056.pdf?sequence=1&isAllowed=y, diakses 2 Juli 2022.
  8. Kurniawan, Miftakhurrizal & Haryati, Novi. 2017. Analisis Strategi Pengembangan
  9. Usaha Minuman Sari Buah Sirsak, Jurnal Teknologi dan Manajemen
  10. Agroindustri, (Online), 6 (2): 97-102, http://www.industria.ub.ac.id jurnal-
  11. teknologi-dan-manajemen- agroindustri-vol-6-2-juli-2017, diakses 7 April 2022
  12. Kusmastuti, Adhi & Khoirin, Ahmad Mustamil. 2019. Metode Penelitian Kualitatif,
  13. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, Semarang, (Online),
  14. (http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40372), diakses pada 5 Maret 2022
  15. Munawaroh, Siti & Suryana, Lia. 2013. Analisis SWOT Sebagai Dasar Penetapan
  16. Startegi Pemasaran Pada Perusahaan Jamu Cuk Sirih Di Banjarmasin,
  17. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, (Online), 14 (1),
  18. http://journal.stiei-kayutangibjm.ac.id/.index.php/jma/article/download/164/133
  19. jurnal-manajemen- dan-akuntansi-vol-14-1-april-2013, diakses 2 Juni 2022
  20. Pratiwi, Risda. 2018. Strategi Pengembangan Usaha Rengginang Pulut Dengan Metode
  21. Analisis SWOT, Skripsi dipublikasikan, Universitas Islam Negeri
  22. SumateraUtara,http://repository.uinsu.ac.id/7465/1/1SKRIPSI%20RISDA%20P RATIWI EKI.pd, diakses pada 2 Juli 2022
  23. Rahmawati, F, Bake, J, & Hj Purwati, Ninik, E. 2018. Analisis Strategi Pengembangan
  24. Bisnis Rumah Makan Wong Solo di Kendari, Jurnal Administrasi Bisnis,(Online), 3 (2): 204-217, https://ojs.uho.ac.id jurnal-administrasi-bisnis-vol-3-2juli-2018,diakses 7 April 2022