Main Article Content

Abstract

                                                        ABSTRAK

Penghargaan Adipura merupakan salah satu program pemerintah Indonesia untuk mendorong pemerintah daerah mewujudkan kota yang berkelanjutan baik secara ekologis, sosial, dan ekonomi dengan tetap mendorong prinsip-prinsip Good Governance. Lingkungan yang hijau, indah, dan menarik sebagai salah satu komponen penilaian, memiliki bobo ttinggi, aspek in ikemudian menjadi focus perhatian pemerintah daerah di berbagai kota yang ingin memperoleh penghargaan Adipura.   

,Kota jika tidak dikelola dengan baik, sebaliknya kota akan menjadi pusat “malapetaka” (urban ills), seperti kemacetan (pencemaran udara, kebisingan, ISPA, dan stress), banjir (krisis air bersih, rob, abrasi, dan penurunan muka tanah), permasalahan sosial (kampong kumuh, kriminalitas, pengangguran, dan kesenjangan kaya-miskin), serta tata ruang (infrastruktur, transportasi, sampah, dan limbah).

            Oleh karena itu kota dituntut kompetitif dan layak huni sehingga muncul berbagai konsep kota, seperti kota kreatif (creative city), kota hijau (green city, garden city, danecocity), kota layak huni (liveable city), kota cerdas (smart city), dan kota berketahanan/ tangguh (resilient city). Sehingga kota dengan pembangunan yang berkelanjutan, dapat mewujudkan kesadaran kolektif akan keterbatasan sumberdaya alam dan lingkungan untuk menopang pembangunan di masa mendatang.

Keywords

Pemerintah mewujudkan Pembangunan Kota dan Adipura.

Article Details

How to Cite
Margayaningsih, D. I. (2017). UPAYA PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN KOTA PADA PROGRAM ADIPURA. Publiciana, 10(1), 117-132. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/104

References

  1. Azwar, Azrul. 1990. Pengantar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
  2. Bintarto, R. 1984. Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  3. Hadi, S. P. 2001. Dimensi Lingkungan Perencanaan Pembangunan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  4. http://harian, analisadaily.Co, oleh Hodland JT HutapeaPermen LHK No. 53 Tahun 2016, tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adipura.
  5. Hancock, Dawson R dan Bob Algozzine. 2006. Doing Case Study Research: A Practical Guide fot Beginning Researchers. New York: Teachers College Press.
  6. Kodoatie, Robert J. 2003. Pengantar Manajemen Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. N. J., & dkk. (2017). KOTA CERDAS BERKELANJUTAN. JAKARTA: PT Gramedia Pustaka Utama.
  8. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 07 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemantauan ADIPURA. Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, 2011.
  9. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 1 Tahun 2009 tentang Program ADIPURA. Kementerian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia. 2009.
  10. Ryady, A. L. S, 1984. Tata Kota Suatu Pendekatan Dari Aspek Kesehatan Lingkungan. Bina-Indra Karya. Surabaya.
  11. Suryokusumo, R. Ferry Anggoro. 2008. Pelayanan Publik dan Pengelolaan Infrastruktur Perkotaan. Yogyakarta: Sinergi Publishing.
  12. Tchobanoglous, G., Teisen H., Eliasen, R. 1997. Integrated Solid Waste Manajemen. Kogakusha: Mc. Graw Hill, Ltd.

Most read articles by the same author(s)