Main Article Content

Abstract

Pemberdayaan merupakan suatu rangkaian tindakan yang sistematis dan melibatkan berbagai komponen organisasi formal dan non formal. Pemberdayaan masyarakat adalah suatu pergerakan [ movement] untuk menghimpun kekuatan dan kemampuan masyarakat beserta lingkungannya.Strategi pemberdayaan masyarakat tersebut tidak dapat di implentasikan jika tidak disertai dengan sejumlah sumber-sumber kewenangan, manajemen, program dan pembiayaan. Dalam kaitan tersebut pemberdayaan masyarakat harus didasarkan pada asumsi bahwa masyarakat adalah pemilik kewenangan sekaligus actor yang menentukan kebutuhan dan strategi untuk mencapai kebutuhan tersebut. Otonomi daerah yang bertujuan untuk membangun partisipasi yang seluas-luasnya agar potensi yang ada dapat berkembang secara optimal;  maka harus dibarengi dengan perbaikan-perbaikan yang mendasar. Pemberian otonomi yang diwujudkan dalam UU No.32 Tahun 2004, merupakan perwujudan dari proses pemberdayaan rakyat dalam kerangka demokrasi dimana daerah Kabupaten/ Kota merupakan unit pemerintahan terdekat dengan rakyat, diberikan keleluasaan untuk berekspresi menyangkut kebutuhan daerahnya sendiri guna memperlancar pembangunan daerah. Otonomi daerah merupakan perwujudan pelaksanaan asa desentralisasi dalam penyelenggaraan pemerintah yang membagi kekuasaan secara vertical.

 

Keywords

Pemberdayaan Otonomi Daerah.

Article Details

How to Cite
MARGAYANINGSIH, D. I. (1). PENINGKATAN PEMBERDAYAAN DAN KEMANDIRIAN DESA DALAM RANGKA OTONOMI DAERAH. Publiciana, 8(1), 164-191. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/48

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arsyad, Lincolin. 1999. Ekonomi Pembangunan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.
  3. Chambers, Robert. 1987. Pembangunan Desa Mulai dari Belakang. LP3ES, Jakarta.
  4. Departemen Dalam Negeri. 2005. Jenis dan Proses Pelaksanaan Kegiatan-Kegiatan PPK. Tim Koordinasi Program Pengembangan Kecamatan, Jakarta.
  5. Friedmann, Jhon. 1992, Empowerment : The Politics of Alternative Development. Blackwell Publisher. Canbridge, Massachusetts, 02142 USA.
  6. Ismawan, Bambang, 2005. Ekonomi Rakyat : Sebuah Pengantar. Seminar Ekonomi Rakyat. Sajogyo dan Sumantoro Martowijoyo (penyunting). Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Dalam Kancah Globalisasi (Hasil Bahasan Seminar Pendalaman Ekonomi Rakyat), Sains (Yayasan Sajogyo Inti Utama). Bogor.
  7. Kartasasmita, Ginandjar. 1996. Pembangunan Untuk Rakyat : Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Pustaka Cidesindo, Jakarta.
  8. _______________, 1996. Pemberdayaan Masyarakat. ITB, Bandung.
  9. _______________, 1997. Administrasi Pembangunan, Perkembangan Pemikiran dan Praktiknya, LP3ES, Jakarta Korten. D.C&Sjahrir, 1984. Pembangunan Berdimensi Kerakyatan, Yayasan Obor Indonesia.
  10. Krisnamurti, Bayu. 2002. Krisis Moneter Indonesia dan Ekonomi Rakyat, dalam Sajogyo dan Sumantoro Martowijoyo (penyunting). 2005. Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Dalam Kancah Globalisasi (Hasil Bahasan Seminar Pendalaman Ekonomi Rakyat). Sains (Yayasan Sajogyo Inti Utama). Bogor
  11. Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1987. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Terjemahan Tjetjep Rohendi, UI Press, Jakarta.
  12. Moeljarto, P. 1987. Politik Pembangunan : Sebuah Analisis, Konsep, arah dan Strategi. PT Tiara Wacana, Yogyakarta.
  13. Moleong, Lexy J. 2005. Meteodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya Bandung.
  14. Mubyarto dkk. 2005. Ekonomi Rakyat Indonesia. Sajogyo dan Sumantoro Martowijoyo (penyunting). Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Dalam Kancah Globalisasi (Hasil Bahasan Seminar Pendalaman Ekonomi Rakyat). Sains (Yogyakarta Sajogyo Inti Utama). Bogor.
  15. Ndraha, Taliziduhu, 1990. Pembangunan Masyarakat : Mempersiakan Masyarakat Tinggal Landas, Rineka Cipta, Jakarta.
  16. Pambudi, Himawan S, 2003. Politik Pemberdayaan. Lapera Pustaka Utama, Yogyakarta.
  17. Prasojo, Eko. 2004. People and Society Empowerment : Perspektif Membangun Partisipasi Publik, Jurnal Ilmiah Administrasi Publik.
  18. Prijono dan Pranarka, 1996. Pemberdayaan Konsep Kebijakan dan Implementasi, CSIS, Jakarta.
  19. Rintuh C. dan Miar, 2005. Kelembagaan dan Ekonomi Rakyat, Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta.
  20. Siagian, P. Sondang. 2005. Administrasi Pembangunan : Konsep, Dimensi dan Strateginya. Bumi Aksara, Jakarta.