Analisis Penggunaan Aplikasi dan Promosi Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Situs Jual Beli Online
Abstract
Abstrak
Situs jual beli online memberikan penawaran produk baik barang juga jasa, salah satunya yaitu Shopee, suatu platform perdagangan elektronik yang memiliki kantor pusat di Singapura. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan aplikasi dan promosi terhadap minat beli pengguna aplikasi shopee.
Menggunakan teknik kuesioner melalui google form dan observasi oleh pengguna aplikasi situs jual beli online shopee sebagai populasi dengan sampel sebanyak 100 responden melalui metode accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan jika penggunaan aplikasi dan promosi mempengaruhi minat beli pada pengguna aplikasi shopee. Terbukti adanya pengaruh signifikan antara penggunaan aplikasi dan promosi terhadap minat beli pengguna aplikasi shopee diketahui nilai Adjusted R Square sebesar 0,138 yang berarti bahwa 13,8% variabel Y (minat beli) akan di pengaruhi oleh variabel X (penggunaan aplikasi dan promosi) dan 86,2% yang tersisa dipengaruhi variabel lain yang tidak di teliti. Berdasarkan Uji T (sendiri-sendiri) maka secara parsial variabel penggunaan aplikasi dan promosi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y). Berdasarkan Uji F (bersama-sama) maka secara simultan variabel promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y).
Kata Kunci : aplikasi shopee, promosi, minat beli
Abstraction
Online buying and selling sites offer products both goods and services, one of which is Shopee, an electronic trading platform which has its head office in Singapore. This study discusses the effect of application use and promotion on the purchase interest of Shopee application users.
Using a questionnaire technique via google form and observations by users of the online shopee buying and selling site application as a population with a sample of 100 respondents through the accidental sampling method.
The results show that the use of applications and promotions affect purchase interest in Shopee application users. It is proven that there is a significant influence between the use of applications and promotions on the purchase interest of shopee application users, it is known that the Adjusted R Square value is 0.138 which means that 13.8% of the Y variable (purchase interest) will be influenced by variable X (application use and promotion) and 86, The remaining 2% is influenced by other variables not examined. Based on the T test (individually), partially the variable use of applications and promotions (X1) has a positive and significant effect on purchase intention (Y). Based on the F test (together), simultaneously the promotion variable (X2) has a positive and significant effect on purchase intention (Y).
Keywords: shopee application, promotion, buying interest